Berita

25 Pengelola Koperasi di Babel Siap Uji Kompetensi Juru Buku

Pangkalanbaru - Dinas Koperasi dan UKM (KUKM) Provinsi Kep Bangka Belitung menggelar Pelatihan sertifikasi dan uji kompetensi juru buku bagi pengelola koperasi di Hotel Grand Vella Pangkalan Baru, Senin (19/10/20). 
 
Pelatihan ini akan berlangsung selama lima hari dari tanggal 19 sampai 23 Oktober 2020 dan diikuti sebanyak 25 pengelola koperasi.
 
Instruktur Madya Uptd Balatkop UKM Dinas Koperasi dan UKM Babel, Sumarno mengatakan Pemprov Babel terus berupaya mendorong serta mendampingi seluruh koperasi sehingga mampu mandiri dan siap bersaing di era globalisasi. Pelatihan dan sertifikasi diberikan guna mewujudkan koperasi yang sehat dan hebat di Babel.
 
"Ini salah satu wujud komitmen pemerintah dalam mengembangkan koperasi yakni dengan memberikan pelatihan diklat dan uji sertifikasi. Kegiatan ini merupakan langkah kongkrit yang diambil guna mewujudkan koperasi sehat dan hebat dalam menghadapi  perkembangan zaman dewasa ini," katanya di Grand Vella Hotel, Senin (19/10/20.
 
Ia menambahkan, peningkatan kapasitas SDM juga sebagai upaya melakukan reformasi koperasi. Artinya, pemerintah ingin membenah koperasi sehingga bisa dikelola dengan profesional dan bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi.
 
"Komit mereformasi koperasi, dengan kembali menata koperasi, meningkatkan kapasistas SDM dan pengelolaannya. Ini tantangan demi untuk mewujudkan koperasi di Babel yang berkualitas,” tegasnya.
 
Ia berharap sertifikasi profesi juru buku mampu meningkatkan profesionalisme para pengelola koperasi. Pengelolaan koperasi yang profesional membuat koperasi sehat, berkualitas dan berdaya saing.
 
"Harapannya ke depan para pengelola koperasi di Babel mampu menjalankan tugasnya secara kredibel dan berintegritas tinggi sehingga koperasi di Babel bisa semakin maju dan berdaya saing,"  tambahnya.
 
Sementara Akhmad Rizal dari Lembaga Sertifikasi Profesi Koperasi Jasa Keuangan (LDP-KJK) Lampung mengatakan kompetensi itu sebuah keahlian yang diakui oleh negara. Setelah lulus, peserta akan diakui secara independen kemampuannya dalam mengelola koperasi dan mendapat sertifikasi.
 
"Para peserta akan diakui keahlian dalam mengelola koperasi untuk membawa koperasi semakin berkembang," katanya.
 
Disebutkan, materi yang diberikan di antaranya adalah Kebijakan pemberdayaan koperasi dan UKM, Gerakan dan tantangan pengembangan koperasi, SKKNI Koperasi, Dasar-dasar Manajemen, Prinsip-prinsip Pengelolaan organisasi dan manajemen Koperasi Jasa Keuangan (KJK).
 
"Intinya dalam sertifikasi juru buku itu, mereka dilatih dan kemudian diuji pengetahuan dan penguasaan terhadap kas, non kas, dan buku besar serta jurnal keuangan serta manejemen koperasi," sebutnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM