Berita

300 Peserta Bersaing untuk Jadi Mentor UMKM Dunia

Pangkalan Baru - Sebanyak 300 peserta mengikuti seleksi UMKM Babel Academy, Senin (9/12/19). Kegiatan seleksi dilaksanakan di Hotel Soll Marina Pangkalan Baru, dan akan berlangsung selama dua hari, dari tanggal 9 hingga 10 Desember 2019.
 
Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Prov Kep Bangka Belitung, Yanuar mengatakan perioritas pertama pembangunan pemerintah adalah pembangunan SDM. Pembangunan SDM salah satunya dapat dilakukan melalui UMKM Babel Academy. Dimana pada program ini, para peserta terbaik akan dikirim ke luar negeri dan pada akhirnya akan kembali ke Babel untuk menjadi mentor UMKM.
 
"100 peserta terbaik akan dikirim keluar dan menjadi duta UMKM Babel. Mereka setelah kembali ketanah air, akan menjadi mentor UMKM demi mewujudkan UMKM Babel berkelas dunia," katanya katanya saat membuka workshop fasilitasi UMKM Babel Academy, Senin (9/12/19).
 
Sejalan dengan program pemerintah pusat, Pemprov Kep Babel terus mempersiapkan SDM-SDM unggul di Babel. Pemprov juga sedang menjalankan tranformasi ekonomi dari pertambangan ke pariwisata. Oleh sebab itu, pemerintah mempersiapkan SDM unggul di berbagai sektor sehingga memperluas kesempatan berusaha.
 
"Pemprov terus gali potensi sumber daya alam dan SDM guna mendukung tranformasi ekonomi agar kesempatan berusaha semakin bertambah. Dengan begitu angka pengangguran dapat berkurang dan tingkat kesejahteraan masyarakat pun meningkat," ujarnya.
 
Selain itu, pemerintah juga harus memsosialisasikan agar masyarakat peduli dan menyadari bahwa pariwisata mampu menggerakan ekonomi Babel melalui penyedian barang dan jasa.
 
"Pariwisata diyakini mampu meningkatkan kesejahteran masyarakat melalui penyediaan barang dan jasa bagi wisatawan. Kehadiran produk kuliner, hasil pengolahan perikanan, kerajinan, dan jasa penyedian transportasi mampu menarik wisatawan ke Babel," katanya.
 
Ditambahkannya, langkah menuju transformasi ekonomi ke sektor pariwisata harus dipersiapkan dengan baik dan didukung SDM yang berkualitas. Tanpa SDM berkualitas, multi efek tidak akan dirasakan jika masyarakat Babel hanya menjadi penonton saja.
 
"SDM unggul harus dipersiapkan agar kita tidak hanya jadi penonton. Masyarakat Babel harus menjadi pelaku UMKM yang mendukung pariwisata," tambahnya.
 
Selanjutnya, Yanuar berharap program UMKM Babel Academy bisa menjadi gerakan dalam menghasilkan UMKM Babel berkualitas sehingga mampu mendukung kemajuan pariwisata dan menggerakan ekonomi Babel.
 
"Hari ini kita tetap bahwa Babel memiliki SDM pekerja keras, dinamis, menguasai IPTEK dan siap menghadapi situasi kekinian sehingga SDM Babel tidak tertinggal dengan daerah lain. Kita inginkan Babel memiliki SDM berkualitas yang mampu menggerakan ekonomi dan mewujudkan UMKM Babel berkelas dunia," harapnya.
 
Sebelumnya, Hastuti Kabid Pemberdayaan Usaha Kecil Dinas Koperasi dan UKM Prov Kep Bangka Belitung mengatakan bahwa 300 peserta ini merupakan peserta yang lulus seleksi tahap pertama UMKM Babel Academy. Adapun peserta yang mendaftar pada UMKM Babel Academy mencapai 2105 peserta.
 
"300 peserta ini lulus seleksi tahap pertama. Diharapkan dari mereka ini nantinya terpilih calon mentor UMKM Berkelas dunia untuk memajukan UMKM Babel," katanya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM