Berita

33 Peserta Ikuti Pelatihan Usaha Produktif Kerajinan Lidi Nipah

Pangkalpinang - Sebanyak 33 peserta mengikuti Pelatihan usaha produktif kerajinan nipah di Hotel Sun Pangkalpinang, Selasa (11/8/20). Pelatihan yang diselenggarakan UPTD Balatkop UMKM akan berlangsung selama empat hari, hingga tanggal 14 Agustus 2020.
 
Sumarno, Intruktur Madya Dinas Koperasi dan UKM mengatakan peserta yang merupakan pelaku umkm yang hadir dan mengikuti pelatihan ini akan dijadikan pioner ekspor kerajinan lidi nipah.
 
"Pelaku UMKM akan menjadi pioner bagi ekspor kerajinan lidi nipah. Dan diharapkan para pelaku UMKM ini juga bisa bergabung atau menjadi anggota koperasi. Sehingga ekspornya nanti bisa dilakukan melalui koperasi," katanya dihadapan 33 peserta.
 
Sumarno menyatakan bahwa dalam pengembangan usaha, diperlukan pembukuan atau laporan keuangan yang baik. Laporan keuangan bisa dijalankan dengan sederhana dengan membuat pencatatan dan arus kas.
 
"Pelaku UMKM harus mulai membiasakan diri untuk membuat pencatatan dan pembukuan arus keuangan. Sehingga kita dapat mengetahui kondisi bisnis yang sedang berjalan,"
 
Ditambahkannya, terkait pencatatan dan laporan keuangan, saat ini Kemenkop UKM telah menerbitkan aplikasi Lamikro. Aplikasi Lamikro adalah aplikasi pembukuan akuntansi sederhana untuk usaha mikro yang bisa digunakan melalui smartphone dengan sistem operasi Android.
 
"Pemerintah membantu menyiapkan aplikasi keuangan sederhana bagi pelaku UMKM untuk mengelola bisnis. Manfaat aplikasi ini untuk bisnis yang dijalani," tambahnya.
 
Aplikasi lamikro berbasis adroid ini bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Aplikasi ini dirancang untuk menjadi fleksibel dengan banyak pilihan berbasis pengguna. 
 
"Aplikasi ini cukup sederhana dan mampu beradaptasi dengan berbagai prosedur pengganggaran dan cukup kuat untuk menggantikan metode tradisional pencatatan manual. Mari gunakan aplikasi lamikro untuk membantu pencatatan dan arus kas usaha kalian," pungkasnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM