Berita

35 Peserta Ikuti Seleksi Tenaga Pendamping Koperasi dan UMKM tahun 2019

Pangkalpinang - Sebanyak 35 peserta mengikuti seleksi tenaga pendamping koperasi dan UMKM tahun 2019. Seleksi ini diselenggarakan di Gedung Balatkop UMKM di Pangkalpinang, Rabu (16/01). 

Kepala UPTD Balatkop UMKM Dinas Koperasi dan UKM Prov Kep Bangka Belitung, Suparman Effendi mengatakan tenaga pendamping ini merupakan tenaga yang akan mendampingi para pelaku koperasi dan UMKM yang sudah mengikuti pelatihan. Pendamping ini nanti akan ditempatkan sesuai daerah yang mengusulkan.

"Pendamping ini untuk mendampingi pelaku koperasi dan UMKM agar mampu berkembang menjadi lebih baik. Dan dari 35 peserta ini yang akan diterima hanya 29 orang," katanya di Balatkop UMKM di Pangkalpinang, Rabu (16/01/19).

Suparman menambahkan bahwa calon pendamping yang diseleksi di tingkat provinsi ini merupakan calon tenaga pendamping yang sudah diseleksi di Kab/Kota. Tenaga pendamping ini akan bekerja selama 10 bulan.

Menurut ia, seleksi di provinsi ini adalah seleksi tahap II. Calon pendamping ini akan di uji kemampuan TPA-nya dalam ujian tertulis dan kemampuan komputerisasinya. Selanjutnya akan dilakukan test wawancara.

Ia menambahkan, materi yang diuji pada TPA adalah pengetahuan tentang perkoperasian dan kewirausahaan. Sementara pada tes komputerisasi adalah kemampuan dalam mengoperasi komputer dan aplikasi. Contohnya, kemampuan mengoperasikan word dan excel.

"Pengetahuan komputer itu penting karena calon pendamping nanti wajib membuat laporan setiap bulannya," jelas Suparman.

Usai dilakukan tes seleksi, kata Suparman, dijadwalkan hasil seleksi akan diumumkan pada hari ini (red: Rabu) juga. Selanjutnya, calon tenaga pendamping yang lulus seleksi akan diberikan pembekalan singkat tentang sistem kerja dan target yang harus dicapai oleh masing-masing tenaga pendamping.

"Tenaga pendamping yang lulus seleksi akan diberikan pembekalan. Pembekalan ini sebagai pengetahuan dan motivator bagi mereka untuk turun kelapangan. Tenaga pendamping ditempatkan sesuai dengan daerah asalnya," pungkasnya.

Sumber: 
Humas Dinas KUKM Babel
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM