Berita

Bangun Koperasi Berkualitas, Dinas KUKM Optimalkan Peran PPKL

Pangkalanbaru - Kehadiran koperasi yang berkualitas diyakini mampu menggerakan ekonomi masyarakat. Koperasi yang berkualitas dapat dibangun dengan mengoptimalkan peran PPKL.
 
"Untuk membangun koperasi yang berkualitas diperlukan PPKL yang memiliki komitmen, integritas, kemampuan dan semangat untuk hadir di tengah masyarakat dan gerakan koperasi," ujar Hj Elfiyena saat membuka bimtek Peningkatan Kapasitas Kualitas SDM Pembina dan PPKL di Hotel Soll Marina Pangkalan Baru, Rabu (10/4/19).
 
Kegiatan ini diikuti sebanyak 40 peserta akan berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 10-12  April 2019. Pembukaan bimtek ini dihadiri Asisten Deputi (Asdep) Penyuluhan Kemenkop dan UKM Bagus Rachman, Syamsul Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi Dinas KUKM Babel, Kabid Pengawasan dan Kelembagaan Dinas KUKM Babel Suryati dan beberapa pejabat eselon IV Dinas KUKM Babel.
 
Melihat keberadaan PPKL sebagai ujung tombak pembinaan koperasi, Hj Elfiyena menyatakan pihaknya pun terus berupaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas SDM koperasi. Salah satunya melalui bimtek dan pelatihan yang diberikan serta memberikan penghargaan kepada PPKL yang berprestasi.
 
"Ini pelatihan kedua kalinya kita berikan bagi PPKL agar pengetahuannya meningkat sehingga mereka dapat membangun koperasi yang berkualitas di Babel. Selain itu, kita juga akan berikan penghargaan agar PPKL terus semangat dan termotivasi dalam membina koperasi di Babel," katanya.
 
Sampai triwulan I tahun 2019, jumlah koperasi di Babel mencapai 900an koperasi. Dimana hampir 60 persen nya sudah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Hasil yang diraih tersebut menurut Hj Elfiyena merupakan kerja keras dari pembina koperasi dan PPKL yang tersebar diseluruh Kab/Kota di Babel. 
 
"Pembina dan PPKL telah bekerja dengan baik karena terjadi peningkatan dan percepatan koperasi yang telah RAT dari tahun sebelumnya. Ini sesuatu yang luar biasa," puji Kadis KUKM.
 
Dihadapan 40 pembina dan PPKL, Hj Elfiyena kembali menegaskan bahwa keberadaan PPKL di beberapa lokasi untuk membantu Dinas Koperasi dan UKM dalam kegiatan penyuluhan dan pemasyarakatan Koperasi. Peran strategis PPKL akan mampu membangun koperasi yang berkualitas. Dimana koperasi yang berkualitas ditandai dengan selalu melaksanakan RAT dan tersertifikasi NIK.
 
Terkait peran strategis tersebut, Ia pun mengajak para PPKL memahami koperasi sesuai nilai dan prinsipnya. Terutama bagaimana koperasi diperkuat secara kelembagaan, usaha dan keuangannya. 
 
"Dengan begitu, koperasi di Babel dapat lebih maju dan berkembang dan memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, pemerataan ekonomi dan kesejahteraan anggota serta masyarakat," ajak Kadis KUKM.
 
Diakhir acara pembukaan bimteks tersebut dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada Dinas Kab/Kota dan PPKL berprestasi. Dimana Piagam Penghargaan bagi Pembina Dinas Koperasi Kabupaten yang memiliki Sertifikat NIK terbanyak pada triwulan I diberikan kepada Zulvia Pembina Koperasi Kab Bangka dan Penghargaan Dinas Kab/Kota yang paling banyak melakukan RAT triwulan I diberikan kepada Tara Mesica PPKL Kab Babar.
 
Sementara dua penghargaan lain yang diberikan yakni Penghargaan Update data ODS terbanyak kepada Ali Widodo PPKL dari Kab Basel, dan penghargaan PPKL terupdate di media sosial kepada Efri Hartono PPKL dari Kab Babar.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto/niki
Bidang Informasi: 
KUKM