Berita

Dinas KUKM Bangun Sinergi Dengan BUMN Berdayakan UMKM

Pangkalpinang - Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membangun sinergi dengan Badan Usaha Milik Negara yang ada di wilayah Provinsi Kep Bangka Belitung dalam memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
 
Sinergi ini dibangun melalui pertemuan Dinas KUKM Prov Kep Babel dengan Forum Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Griya Timah di Pangkalpinang, Selasa (02/02/21).
 
Menurut Kepala Dinas KUKM Provinsi Bangka Belitung Hj Elfiyana, di Prov Kep Babel terdapat sekitar 180 ribu UMKM yang harus dibina. Jumlah ini tersebar di tujuh kabupaten/kota.
 
"Ada sekitar 180 ribu UMKM di Babel. Ini yang harus kita bina bersama dan harus bersinergi," katanya.
 
Menurutnya, jumlah UMKM tersebut semakin banyak tumbuh. Apalagi di masa pandemi ini, banyak warga yang membuka usaha secara mandiri setelah adanya kebijakan pengurangan karyawan akibat pandemi.
 
"Setelah berhenti bekerja akibat pandemi, akhirnya mereka membuka usaha sendiri, seperti olahan makanan, souvernir, dan lain-lain," sebutnya.
 
Untuk memberikan pengaruh lebih besar dalam pemberdayaan UMKM, Diskop dan UMKM Provinsi Bangka Belitung mengharapkan adanya sinerji dengan BUMN yang ada di daerah itu.
 
Sementara Pembina Forum BUMN Babel M Rizki mendukung penuh, sekaligus menyatakan kesiapan BUMN untuk bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kep Bangka Belitung dalam membantu dan memberdayakan UMKM.
 
BUMN selain sebagai badan usaha juga memiliki peran sebagai agen pembangunan untuk mendukung kemajuan dan peningkatan ekonomi masyarakat.
 
Ia mengharapkan Pemprov Kep Babel melalui Dinas KUKM dapat memberikan gambaran mengenai peranan yang dapat dilakukan BUMN.
 
"Setiap BUMN memiliki cara tersendiri. Kalau perbankan ada KUR, BUMN lain ada anggaran kemitraan dan program pembinaan," katanya.
 
Dalam pertemuan ini dihadiri juga Ketua Forum BUMN Babel Saeful Hadi, Sekretaris Forum BUMN Irwan Arfa, Kabid Humas PT Timah Anggi Siahaan dan Kepala Divisi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Timah Rendi Kurniawan.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
ist
Bidang Informasi: 
KUKM