Berita

Dinas KUKM Menerima Kunker Anggota DPD RI

Pangkalpunang - Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kep Babel kembali menerima kunjungan kerja Anggota DPD RI, Darmansyah Husein di ruang Rapat Dinas KUKM, Jumat (19/02/21). Kedatangan Anggota DPD RI ini diterima langsung oleh Kadis KUKM Babel Hj Elfiyena didampingi pejabat esselon.
 
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kep Bangka Belitung Hj Elfiyena mengatakan bahwa pemerintah provinsi pada tahun 2021 masih menjalankan program yang sama pada tahun lalu. 2021 ini pemprov terus berupaya meningkatkan kualitas produk UMKM. Selain itu, pemprov juga mendorong tranformasi digital koperasi dan UMKM di Babel.
 
"Pemerintah provinsi memiliki program peningkatan kualitas produk melalui sertifikasi dan pelatihan. Kita juga dorong KUMKM untuk bisa digital," katanya dihadapan Anggota DPD RI.
 
Pada tahun 2020 lalu, Pemprov berhasil meraih rekor muri atas pelaksanaan pameran virtual outdoor di Pantai Tuing Indah. Pameran ini menampilkan booth display produk yang menggunakan tali tambang terpanjang.
 
"Kita meraih rekor muri pelaksanan pameran virtual produk UMKM secara outdoor. Pameran untuk mempromosikan produk UMKM sekaligus potensi pariwisata Babel," sebutnya.
 
Ia menambahkan, pemprov tidak memiliki program bantuan dana bagi UMKM. Namun, Pemprov memberikan bantuan berupa peralatan produk bagi UMKM.
 
"Kita memberikan bantuan pendukung alat produk seperti alat tenun, alat pemintalan, alat pemanggang dan lain-lain. Ini untuk mendukung produksi dan peningkatan kualitas produk UMKM," tambahnya.
 
Pemprov juga memberikan fasilitasi pemasaran bagi produk UMKM. Fasilitasi ini diberikan melalui pameran virtual, pemasaran produk melalui market place.
 
"Ratusan UMKM kita fasilitasi pemasaran di market place dengan memberikan top up pada setiap akun mereka. Kita juga sudah memiliki satu akun di market place internasional untuk memasarkan produk UMKM kita agar go internasional," ujarnya.
 
Anggota DPD RI, Darmansyah Husein mengatakan bahwa kunker ke Dinas KUKM ini merupakan yang kesekian kalinya.
 
"Ini kunker yang kesekian kalinya. Alhamdulillah kedatangan Kami selalu diterima dengan baik," katanya.
 
Ia menambahkan bahwa koperasi harus mampu memberikan manfaat bagi anggota dan masyarakat sekitar. Contohnya, Koperasi Plasma Kacang Butor yang mampu meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat. 
 
"Koperasi ini memiliki sistem pengelolaan yang sangat bagus. Ini bisa menjadi model pengelolaan koperasi plasma di Babel," ujarnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM