Berita

Dinas KUKM Tandatangani Nota Kesepahaman Pendataan UMKM dengan ISB Atma Luhur

Pangkalpinang - Dinas Koperasi dan UKM Kep Babel melakukan penanda tanganan nota kesepahaman dengan Institut Sains dan Bisnis Atma Luhur. Penanda tanganan nota kesepahaman ini dilakukan langsung oleh Kepala Dinas KUKM Babel Hj Elfiyena dan Wakil Rektor Institut Sains dan Bisnis Atma Luhur Hadi Santoso diruang rapat Dinas KUKM Babel, Selasa (3/11/20).
 
Kadis KUKM Babel, Hj Elfiyena mengatakan bahwa nota kesepahaman ini bertujuan untuk membantu Dinas KUKM Babel dalam melakukan pendataan pelaku UMKM melalui aplikasi yang dibuat oleh Institut Sains dan Bisnis Atma Luhur.
 
"Kami sangat mengapresiasi kerja sama ini karena ISB Atma Luhur.  bersedia membantu Dinas dalam melakukan pendataan UMKM di Babel," katanya.
 
Dijelaskannya, pelaksanaan nota kesepahaman ini sebagai langkah awal dan akan ditindaklanjuti dengan melakukan perjanjian Kerjasama dalam pendataan UMKM. Aplikasi ini nantinya akan diberikan ke Kecamatan di seluruh Bangka Belitung.
 
"Aplikasi ini akan disebar ke seluruh kecamatan di Babel. Pendataan akan dilakukan oleh admin kecamatan," jelasnya.
 
Disamping itu, Hj Elfiyena menuturkan, dalam pelaksanaan aplikasi pendataan UMKM melalui aplikasi ini, masing-masing admin kecamatan akan diberikan penjelasan dan pendampingan dalam menjalankan aplikasi.
 
"Nanti akan ada pelatihan atau  bimteks buat admin atau operator kecematan. Mereka diberikan arahan dalam menjalankan aplikasi agar pendataan dapat berjalan maksimal," ujarnya.
 
Kadis KUKM Babel berharap, dengan adanya nota kesepahaman ini Babel memiliki master data UMKM yang valid dan terupdate. Data yang dihasilkan dari aplikasi bisa dimanfaatkan untuk perencanaan, pembuatan kebijakan dan keputusan yang tepat sasaran.
 
"Kita lakukan pendataan lewat aplikasi. Dengan ada data yang lengkap, data UMKM per skala usaha, maka pemberdayaan dan pendampingan UMKM akan semakin baik," harapnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM