Berita

E-brochure, Bantu UMKM Perluas Pasar

Pangkalpinang - Kemenkop UKM melaunching aplikasi e-brochure untuk membantu UMKM memperluas akses pasar. Pelaku UMKM dapat memanfaatkan aplikasi e-brochure yang dibuat sederhana, mudah dimengerti serta diaplikasikan.
 
"e-brochure merupakan aplikasi yang bisa dimanfaatkan pelaku UMKM untuk memperluas akses pasar dengan berjualan secara digital. Sementara sekolah eksport merupakan komitmen pemerintah untuk meningkatkan ekspor produk UMKM," kata Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki saat melauching e-Brochure dan meresmikan Sekolah Eksport secara virtual melalui zoom apps, Rabu (19/08/20). 
 
Dijelaskan Menteri Koperasi dan UKM, ditengah pandemi Covid-19, banyak pelaku UMKM yang terdampak khusus pemasaran produk. Pelaku UMKM yang mampu tumbuh dan bertahan yakni UMKM yang sudah terhubung ke ekosistem digital. 
 
Oleh sebab itu, pihaknya membuat aplikasi e-brochure untuk membantu promosi dan pemasaran produk UMKM. Aplikasi ini juga sebagai alternatif lain selain market place untuk berjualan secara digital
 
"Kita buat aplikasi yang mudah dan sederhana ini agar membantu UMKM untuk memasarkan produknya. Aplikasi ini akan jadi langkah awal agar UMKM terhubung ke ekosistem digital," katanya.
 
Menteri Koperasi dan UKM menyatakan hingga saat ini sudah ada 8000 produk UMKM yang ada di e-brochure. Aplikasi ini akan terkoneksi ke whatsapp para pelaku UMKM sehingga lebih mudah di jalankan pelaku UMKM.
 
"Melihat aplikasi yang mudah dan terkoneksi, saya rasa akan semakin banyak produk UMKM yang ada di e-brochure dan makin banyak pula umkm yang masuk dalam ekosistem digital. Sehingga akan berdampak pada peningkatan penjualan serta perluasan pasar produk UMKM," ujarnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM