Gubernur Inginkan UMKM dan Pariwisata Belinyu Makin Maju

Belinyu - Gubernur Kep Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengharapkan agar UMKM dan Pariwisata Belinyu berkembang dan makin maju seperti daerah-daerah lain. Keinginan itu, Ia sampaikan saat melakukan dialog dengan pelaku UMKM dalam acara Natak Kampung di Kafe Vina Belinyu Kabupaten Bangka, Senin (15/01/18).
 
Sebelum melakukan dialog dengan UMKM, Gubernur didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov Babel, Kepala Divisi Aset PT Timah, dan beberapa Kepala OPD meninjau rumah dinas pegawai PT Timah yang sudah tidak ditempatkan lagi. Rencananya rumah ini akan dipinjam pakai untuk dijadikan pujasera bagi produk kuliner UMKM di Belinyu.
 
Menurut Erzaldi, Belinyu memiliki potensi pantai yang bagus dan kulinernya juga enak. Potensi pariwisata harus didukung dengan kehadiran UMKM kuliner yang baik. Untuk itu, pemprov akan meningkatkan kualitas produk UMKM dan memfasilitasi tempat jualan bagi produk UMKM. Pemprov akan membuat pujasera bagi pelaku UMKM dengan memanfaatkan rumah dinas PT Timah yang tidak digunakan lagi.
 
"Dua rumah ini akan dijadikan pujasera dan homestay agar pelaku UMKM kuliner di Belinyu memiliki tempat untuk berbisnis. Pujasera ini dikelola dengan baik sehingga wisatawan yang datang ke sini tahu Belinyu itu kulinernya oke-oke," ucapnya.
 
Selanjutnya, Erzaldi menuturkan bahwa UMKM yang memproduksi kerupuk bisa dijadikan salah satu destinasi wisata. Dengan begini, tempat produksi kerupuk nanti akan dikunjungi para wisatawan.
 
"Wisatawan dapat melihat langsung cara membuat kerupuk sekaligus mencicipinya. Setalah wisatawan datang, maka nanti pulangnya mereka akan beli kerupuknya," tuturnya.
 
Produk UMKM harus memiliki packing yang baik. Ia mengatakan UMKM yang belum nemiliki kemasan yang baik harus diberikan pelatihan. Nanti bisa dibantu oleh pemprov melalui klinik kemasan. Plastik packaging juga harus sesuai dengan standarnya, yakni ketebalan palstiknya 0,8.
 
"Plastik 0,8 untuk packing yang bagus. Dan tinta cetakan atau printingnya juga harus sehat, jangan sampai bahannya luntur karena akan merusak makanan. Untuk otak-otak, packinhnya bisa menggunakan kantong berbahan kertas atau kotak," jelasnya.
 
Untuk meningkatkan kemampuan UMKM, Gubernur mengharapkan apapun bisnis UMKMnya nanti minggu kedua bulan Februari ini dapat mengikuti pelatihan. Pelatihan ini akan di fasilitasi Dinas Koperasi dan UKM Prov Babel. Materi pelatihan nya nanti berupa motivasi, dilanjutkan  packing dan kemasan, dan terakhir pelatihan sesuai dengan bidang UMKMnya.
 
"Seluruh UMKM di Belinyu harus mengikuti pelatihan agar kualitas produk semakin baik. Rasa dan kemasanya semakin baik. Jika ini berjalan, insyaallah Bulan April nanti akan ada event perkemahan 400 orang pemilik motor gede di Pantai Penyusuk. UMKM harus berikan pelayanan yang baik agar mereka ini dapat menikmati kuliner Belinyu yang enak," harapnya.
Sumber: 
Humas Dinas KUKM
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Surianto
Bidang Informasi: 
KUKM