Berita

Ini lho Enam Kiat Agar UMKM Sukses dari Blibli

Pangkalpinang - Faisal Marwan, Pembicara dari Blibli.com mengatakan bahwa Blibli.com siap membantu UMKM untuk maju. Blibli.com memiliki kanal yang dikhususkan bagi para UMKM yang memiliki ragam varian produk yang unik.
 
"UMKM bergabung akan sangat di highlight dengan berbagai macam promo. Blibli.com akan konsentrasi untuk mengakurasi UMKM yang murni produsen agar mendorong lahirnya brand-brand asli lokal," katanya saat menjadi pembicara dihadapan pelaku UMKM Kab Bateng pada pelatihan pemasaran online via zoom meeting, Kamis (23/07/20).
 
Ditambahkannya, banyak keuntungan yang diperoleh UMKM jika bergabung dengan blibli.com. 
Keuntungan UMKM di blibli.com didapat melalui fasilitas yang disediakan yakni merchant care, free photoshoot, free packaging, training, free ongkir dan free biaya deposit.
 
"UMKM yang bergabung akan mendapatkan fasilitas seperti ini. Ini keuntungannya agar UMKM bisa semakin berkembang dan maju," tambahnya.
 
UMKM bisa sukses dan maju jika bisa menerpakan enam kiat ini. Pertama, membangun brand dengan konsisten. Kedua, kemasan yang harus baik. Produk harus memiliki kemasan yang baik dan menarik.
 
"Brand harus dibangun dengan konsisten. Kemasan produk juga harus baik dan menarik agar masyarakat bisa tertarik untuk mencoba produk yang kita buat," ujarnya.
 
Keunikan produk menjadi faktor penting dalam suatu usaha. Keunikan produk dan perbedaan produk yang diproduksi dari produk lain diyakini mampu menarik konsumen untuk membeli. Selain itu, ketersedian produk harus diperhatikan pelaku UMKM.
 
"Keunikan produk menjadi penarik konsumen. Produk yang diproduksi dan dijual secara online  harus selalu tersedia. Pelaku UMKM harus memperhatikan ini dan terus produk agar produk kita ready stocknya," katanya.
 
Faisal menambahkan bahwa pelayanan kepada konsumen perlu diperhatikan pelaku UMKM. Pelaku UMKM harus fokus terhadap kepuasan konsumen. 
 
"Fokus terhadap keouasaan konsumen, jangan sampai salah kirim. Kalau ada yang komplen, maka kita harus bisa memuaskan dan menerima masukan dari konsumen," tambahnya.
 
Sementara kiat sukses yang terakhir menurut Faisal yakni responsif dan jujur. Responsif jika ada yang bertanya dan jujur terkait produk yang ditawarkan.
 
"Ini penting ya. Jangan sampai berbohong. Apa yang ditampilkan, dideskripsi itu adalah fakta dari produk. Keenam kiat ini harus dijalankan agar bisa sukses dalam pemasaran secara online," pungkasnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM