Berita

Kadis KUKM : Anak Muda Harus Mampu Ciptakan Usaha Produktif

Pangkalpinang - Kepala Koperasi dan UKM Prov Kep Bangka Belitung Hj Elfiyena mengajak anak-anak muda dan pelaku UMKM untuk kreatif dalam menciptakan usaha produktif. 
 
"Anak muda harus mampu dan kreatif menciptakan usaha produktif sehingga bisa meningkatkan nilai ekonomi suatu produk," katanya dihadapan 30 peserta pelatihan di Hotel Sun Pangkalpinang, Selasa (18/02/20). 
 
Hj Elfiyena mencontohkan, salah satu BUMDes menjual produk lada kemasan. Produk tersebut harganya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan lada yang dijual langsung tanpa kemasan.
 
"Harga lada dalam kemasan 200gr bisa dijual 50 ribu. Itu artinya, untuk 1 kg lada dalam bentuk kemasan harga bisa mencapai 200rb an. Harganya jadi naik," ucapnya.
 
Melalui contoh itu, Kadis KUKM pun mendorong anak-anak muda untuk memanfaatkan potensi yang ada, diubah menjadi sesuatu produk yang bernilai ekonomi. Pelapah sawit yang selama ini belum dimanfaatkan, ternyata lidinya bisa dimanfaatkan dan berpotensi eksport.
 
"Nah sekarang, kalian harus mencoba mengolah pelepah sawit. Pelapah sawit yang selama ini tidak digunakan, diambil lidinya dan diolah dengan baik untuk bisa dieksport," ucapnya.
 
Lebih jauh Hj Elfiyena mengingatkan agar para peserta dapat memanfaatkan pelatihan ini dengan baik. Peserta harus serius dan aktif sehingga materi yang diajarkan dapat dipahami dan diimplementasikan dilapangan.
 
"Ini kesempatan baik, untuk itu serius dan aktif ya. Setelah pelatihan ini, kalian harus mengimplementasikan dilapangan dan juga dapat berbagi informasi dengan rekan serta masyarakat sekitar," ujarnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM