Berita

Kadis KUKM Terima Kunker Komisi II DPRD Bateng

Pangkalpinang - Kadis KUKM Babel menerima kunker Komisi II DPRD Bangka Tengah diruang Rapat Dinas KUKM Babel, Senin (15/6/20). Kunker DPRD Bateng ini dihadiri Ketua Komisi II Ade Purwanto, Wakil Ketua DPRD Bateng Batianus dan anggota Komisi II DPRD Bateng.
 
Kadis KUKM Hj Elfiyena mengakui bahwa pada massa pandemi beberapa kegiatan Dinas KUKM  mengalami perubahan akibat adanya refocusing anggaran. Misalnya, kegiatan pameran dihapus dan kegiatan pelatihan tatap muka juga mengalami perubahan karena demi mencegah penyebaran Covud-19.
 
"Beberapa program ikut terdampak dan mengalami perubahan. Seperti Kegiatan pelatihan tatap muka diganti dengan kegiatan pelatihan secara daring," katanya.
 
Dijelaskanya, UMKM Babel cukup terdampak. UMKM yang paling terdampak yakni UMKM yang masih mengandalkan penjualan secara tradisional. Sementara UMKM yang sudah online, pemasarannya tidak begitu terasa penurunan penjualannya.
 
"Untuk mengatasi ini, Pemprov menggelorakan gerakan ayo belanja produk UMKM bagi ASN. Pihaknya juga membuat flayer bagi produk UMKM. Selain itu juga disiapkan gelary UMKM untuk membantu pemasaran produk UMKM di Babel," jelasnya.
 
UMKM di Bateng yang terdampak Covid-19, kata Dia, terdata totalnya hingga saat ini ada 900 UMKM, baik UMKM kuliner basah maupun kering. 
 
"Data ini sudah kita sampaikan ke pusat. Agar tidak ada duplikasi data UMKM yang menerima PKH atau bantuan lain, kita sandingkan data tersebut," tuturnya.
 
Pemerintah sudah menyiapkan lima skema bagi UMKM. Ditambahkanya, pihaknya juga mengedukasi bagi pelaku UMKM bisa memanfaatkan skema ini. Seperti KUR, pemerintah berikan pendampingan agar penyerapan KUR bagi UMKM maksimal.
 
"Data penyerapan KUR di Bateng dengan nilai akad baru mencapai 31.253.000.000 dengan jumlah debitur sebanyak 774. Saya harap pemkab dan dewan dapat mendorong penyerapan KUR bagi UMKM Bateng mengalami peningkatan," pungkasnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM