Berita

Ketua Dekranasda Babel Buka Pelatihan Vocational Pengolahan Hasil Perikanan di LP Perempuan

Pangkalpinang - Ketua Dekranasda Prov Kep Bangka Belitung Melati Erzaldi membuka pelatihan Vocational Pengolahan Hasil Perikanan di LP Perempuan Pangkalpinang, Selasa (2/4/19). Pelatihan yang berlangsung dari tanggal 1 s.d 4 April 2019 ini diikuti sebanyak 30 warga binaan LP Perempuan Kelas III Pangkalpinang.
 
Tampak hadir Kepala Divisi Permasyarakatan Kanwil Hukum dan HAM Babel M Hilal,  Perwakilan Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan Syamsidi, Kepala UPTD Balatkop UMKM Suparman Effendi, dan Kepala LP Perempuan Pangkalpinang Nebi Viarleni.
 
Ketua Dekranasda Kep Babel Melati Erzaldi menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan buktinya kepedulian pemerintah terhadap warga binaan LP. Warga binaan berhak mendapatkan pelatihan dan menambah skillnya sehingga bisa menjadi salah satu pelaku UMKM yang mandiri.
 
"Ini bentuk komitmen pemerintah yang telah disepakati beberapa bulan lalu. Pemerintah ingin membangun rasa percaya diri dan meningkatkan skill warga binaan agar bisa mandiri nantinya," kata Ketua Dekranasda Babel saat membuka pelatihan vocational pengolahan hasil perikanan, Selasa (2/4/19).
 
Melati Erzaldi mengingatkan bahwa para warga binaan untuk tidak galau atas apa yang terjadi. Karena setiap orang tak pernah lepas dari kesalahan dan masalah. 
 
"Jadikan masa lalu itu menjadi pelajaran. Dan jangan lah selalu melihat kebelakang, kita harus lihat ke masa depan agar bisa lebih baik," ucapnya.
 
Selanjutnya Melati Erzaldi menuturkan bahwa kegiatan yang difasilitasi Dinas Koperasi dan UKM merupakan kali kedua dilakukan di lapas. Selain itu berbagai pelatihan juga sudah dilakukan disini. Artinya, pemerintah menjadi lapas sebagai tempat yang ramah dimana warga binaan didik, dilatih, diberikan kesempatan untuk mengaktulisasikan diri dan mengupgrade diri sendiri.
 
"Kita ingin memberikan modal bagi warga binaan agar bisa mandiri, percaya diri dan tidak bergantung pada orang lain setelah kembali kemasyarakat. Kita ingin kalian bisa terus menghasilkan karya-karya dari pelatihan seperti ini," tutur Melati.
 
Sebelumnya Kalapas LP Perempuan Kelas III Pangkalpinang, Nebi Viarleni mengucapkan apresiasi yang besar atas terlaksananya kegiatan pelatihan vicational ini. Pelatihan ini merupakan pelatihan kali kedua yang dilakukan Dinas Koperasi dan UKM Babel di Lapas Perempuan Pangkalpinang.
 
"Kami ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan. Kami sangat bahagia dan terbantu sekali atas perhatian dan dukungan yang diberikan Ketua Dekranasda Babel dalam pembinaan warga binaan Lapas Perempuan," ungkapnya.
 
Nebi menuturkan bahwa berbagai pelatihan telah diberikan bagi warga binaan seperti pelatihan membatik, membuat kripik, membuat roti, message, rajutan, menari dan tata boga. Pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan kepada warga binaan.
 
"Saya harap pelatihan ini dapat bermanfaat bagi warga binaan dan menjadi modal mereka setelah kembali ke masyarakat," harap Kalapas.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto/niki | Yuni-Humas LP Perempuan
Bidang Informasi: 
KUKM