Berita

Masyarakat Kota Kapur Mulai Memproduksi Lidi Nipah

Pangkalpinang - Masyarakat Desa Kota Kapur Kab Bangka mulai mengolah lidi nipah sebagai suatu komoditas eksport. Hal ini sebagai hasil setelah sebagian masyarakat mendapatkan pelatihan tentang pengolahan lidi nipah oleh Dinas Koperasi dan UKM Prov Kep Bangka Belitung pada tanggal 17 Maret 2020 lalu.
 
Adi Setiawan Kasi Penyelenggaraan Pelatihan UPTD Balatkop UMKM Dinas Koperasi dan UKM Prov Kep Bangka Belitung mengatakan bahwa UPTD Balatkop UMKM terus melakukan upaya peningkatan SDM bagi masyarakat khususnya dibidang UMKM dan koperasi. Salah satu yang telah dilakukanya yakni pelatihan pengolajan lidi nipah dan sawit.
 
"Beberapa waktu lalu kita adakan pelatihan dan hasilnya sebagian masyarakat Desa Kota Kapur mulai memperaktekan ilmu yang telah diperolehnya. Mereka mulai mengolah lidi nipah sehingga menjadi produk bernilai ekonomi," katanya saat dihubungi via whatsapp, Senin (30/03/2020).
 
Ia menambahkan bahwa masyarakat sudah mengolah lidi nipah dan untuk sementara ini hasil lidi nipah yang sudah selesai diraut ditampung atau dibeli oleh Ketua Gapoktan. Lidi sawit yang telah dikumpulkan ini bukan hanya dari Desa Kota Kapur namun juga daerah desa lain disekitarnya.
 
"Lidi nipah ini sementara ditampung pengumpul yakni Ketua Gapoktan dan beberapa rekannya. Semoga lidi nipah yang terkumpul nanti bisa segera dieksport," tambahnya.
 
Hal ini dibenarkan Japri selaku Ketua gapoktan di Desa Kota Kapur Kab Bangka menuturkan bahwa masyarakat mulai memproduksi lidi nipah untuk bisa diekspor ke luar negeri. 
 
"Tak hanya di Desa Kota Kapur, beberapa masyarakat desa lain juga ikut mengolah lidi nipah untuk kemudian dijual kepada penampung dan selanjutnya akan dieksport keluar negeri," kata Japri.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
Dok. Ist
Bidang Informasi: 
KUKM