Berita

Menteri Koperasi dan UKM : Produk Babel Memiliki Potensi Luar Biasa Untuk Dikembangkan

Pangkalpinang - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan bahwa Babel memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan menjadi produk unggulan. 
 
"Potensi Babel luar biasa dan harus dikembangkan dengan meningkatkan kualitas produknya. Peningkatan kualitas dan daya saing agar produk unggulan Babel bisa bersaing dipasar global," kata Teten Masduki saat meninjau produk kerajinan di Galery PLUT UMKM, Pangkalpinang, Senin (6/720).
 
Pada kunker ke Plut KUMKM, Menteri Koperasi dan UKM bersama Gubernur Babel melihat langsung produk UMKM yang ada di Gallery PLUT KUMKM. Selain itu, dilakukan dialog dengan para perwakilan pelaku UMKM Babel.
 
Menteri Koperasi dan UKM menuturkan bahwa kuliner, produk olahan laut, kerajinan dan lainnya memiliki potensi. Diharapkan pemerintah daerah mendorong pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas melalui pelatihan dan PLUT UMKM. 
 
"Kita perlu dorong UMKM untuk meningkatkan kualitasnya seperti peralatan produksi yang sederhana menjadi lebih baik. Selain itu perlu dibentuk sentra produk UMKM dengan mendirikan rumah produksi bersama," tuturnya.
 
Ia juga mengingatkan agar pelaku mulai didorong untuk bertranformasi ke digitalisasi UMKM. Pemasaran secara digita akan mampu memperluas akses pasar.
 
"Pemerintah ingin UMKM itu mulai bertranformasi kearah digital. Dan kita juga telah berkomunikasi  dengan para market place agar memberikan ruang khusus bagi produk UMKM," ujarnya.
 
Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Babel, Elfiyena mengatakan PLUT UMKM ini telah menyiapkan langkah-langkah untuk menggerakkan ekonomi UMKM di tengah pendemi Covid-19.
 
"Kami telah melatih pelaku UMKM dalam memasarkan produk secara daring dan juga pemerintah provinsi bekerja sama dengan lima marketplace seperti shopee bukalapak, blibli untuk memasarkan produk unggulan daerah ini," katanya.
 
Selain itu, kata Dia, pemprov juga menggelorakan gerakan beli produk UMKM oleh ASN. Gerakan ini untuk membantu pelaku UMKM dan mengerakan ekonomi di Babel.
 
"Kita juga dorong ASN membeli produk UMKM untuk membantu UMKM," ujarnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
ist
Bidang Informasi: 
KUKM