Berita

Nur Hidayat : Eksport Itu Mudah

Pangkalpinang - Uptd Balatkop UMKM Dinas Koperasi dan UKM Prov Kep Bangka Belitung mengadakan pelatihan eksport bagi pelaku UMKM secara online atau virtual. Pelatihan ini akan berlangsung selama tiga hari dan diikuti sebanyak 35 pelaku UKM dari Kab/Kota se Provinsi Kep Babel.
 
Nur Hidayat, Narusumber dari Indo-exsimpro mengatakan bahwa sesuai dengan ketentuan umum dibidang eksport berdasarkan permendag no.13/M-DAG/PER/3/2012, eksportir itu dapat berupa perorangan, lembaga atau perusahan.
 
"Perorangan juga bisa menjadi eksportir dan proses ekspornya itu mudah," katanya saat memberika materi pengantar bisnis eksport, Rabu (14/10/20).
 
Ia menjelaskan bahwa syarat menjadi eksportir itu sebelumnya yakni SIUP (surat ijin usaha perdagangan), TDP (tanda daftar perusahaan), NPWP (nomor pokok wajib pajak) dan NIK (nomor identitas kepabeaan). Namun sejak Juli 2018, syaratnya hanya dua, yakni NPWP dan NIB.
 
"Syarat jadi eksportir itu sejak Juli 2018 di oss.go.id jadi sederhana yakni NPWP dan NIB," jelasnya.
 
Ia menambahkan pada dasarnya tugas eksportir itu hanya dua, yakni mencari pembeli dan menyiapkan barang. Selebihnya bisa dibantu atau diwakilkan kepada Freight Forwarder (EMKL/EMKU).
 
"Eksportir itu tugasnya hanya mencari pembeli dan menyiapkan produk. Pengiriman, pengurusan dokumen eksport, laporan bea cukai, pemeriksaan karantina bisa diwakilkan ke Freight Forwarde," tambahnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM