Berita

Pelaku UMKM Sangat Kreatif Dalam Membuat Kerajinan Lidi Nipah

Pangkalpinang - Pelaku UMKM tampak antusias mengikuti pelatihan kerajinan lidi lajutan di Hotel Sun Pangkalpinang, Rabu (23/9/20). 
 
"Hari ini merupakan hari kedua pelaksanaan pelatihan. Para peserta sangat antusias dalam belajar mengayam lidi nipah menjadi kerajinan yang menarik seperti kerajinan bingkai kaca cermin," kata Waluyo dari Apikri Yogyakarta saat ditemui disela-sela pelatihan, Rabu (23/9/20).
 
Ia menambahkan pelatihan yang diadakan di Babel lebih banyak praktek dibandingkan teori. Hal ini bisa membuat para peserta menjadi lebih fokus dalam membuat kerajinan.
 
"Pelatihan disini agak berbeda  dari yang didaerah lain. Didaerah lain, teori dikelas dan materinya lebih banyak. Disini sedikit teori, banyak prakteknya. Jadi pelaku UMKM bisa fokus," tambahnya.
 
Terkait pelatihan lanjutan ini, Waluyo menilai bahwa pelaku UMKM Babel sangat kreatif dalam membuat kerajinan. Pasalnya, pelaku UMKM baru diajarkan teknik dasar mengayam dan hanya satu pola saja. Namun setelah satu bulan berlalu, pelaku UMKM ternyata bisa membuat kerajinan dengan anyaman yang menyilang.
 
"Mereka (pelaku umkm, red) sangat kreatif dan cepat dalam memahami materi. Pelatihan pertama diajarkan satu pola anyaman, sekarang pola anyaman silang juga sudah berhasil mereka buat," ujarnya.
 
Hal lain yang menunjukan peserta kreatif yakni berbagai bentuk kerajinan juga mampu dihasilkan. Ada yang membuat anyaman karpet, tempat lampu, hiasan dinding, baki dan lain-lain.
 
"Produk-produk itu berhasil mereka buat dan kreasikan. Ini menunjukan mereka kreatif. Namun, mereka harus meningkatkan kualitasnya seperti kencang ikatan anyaman. Jika kualitas semakin baik, maka produknya sudah bisa memenuhi standart eksport," pungkasnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM