Berita

Pelaku UMKM Wajib Tumbuhkan Semangat Kewirausahaan Dalam Berbisnis

Pangkalpinang - Atik dari APIKRI Yogyakarta mengatakan bahwa dibutuhkan semangat kewirausahaan dalam membangun suatu bisnis atau usaha. Aspek kewirausahaan itu bisa ditumbuhkan dan dilatih.
 
"Aspek kewirausahaan sangat penting karena sangat mempengaruhi kita dalam melayani orang atau konsumen. Semangat kewirausahaan membentuk sikap komitmen, konsisten, dan kontinu sehingga orang bisa puas dengan yang kita berikan," katanya saat memotivasi peserta pelatihan kerajinan lidi nipah di Sun Hotel Pangkalpinang, Rabu (12/8/20).
 
Ditambahnya, dalam menjalankan usaha kerajinan, banyak peran tenaga atau pelaku yang bisa saling mendukung dan terkait. Misalnya, satu orang membuat bentuk atau cetaknya. Sedangkan yang lain berperan dalam melakukan produksi kerajinan seperti menjalin lidi nipah.
 
"Semua saling terkait. Satu bikin cetakan, satu lagi bikin rajutan e. Nah jangan sampai semuanya peran ini diambil satu orang saja. Ini role-nya sama seperti lingkaran yang saling terkait satu sama lain," tambahnya.
 
Ia juga menuturkan bahwa usaha kerajinan seperti lidi nipah bisa memunculkan unit usaha baru. Karena dalam kerajinan, diperlukan bahan-bahan baku dan bahan pembantu yang terkadang tidak tersedia di daerah lokal.
 
"Bahan-bahan yang tidak tersedia didaerah dan dibutuhkan para pengrajin bisa menjadi emberio usaha baru. Pelaku UMKM menjadi anggota koperasi, dan koperasi menyediakan bahan-bahan tersebut seperti tali bagi para pengrajin," tuturnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM