Berita

Pemprov Serahkan 240 Sertifikat Halal Bagi Pelaku UMKM

Pangkalpinang - Pemerintah Provinsi Kep Bangka Belitung menyerahkan sertifikat halal kepada pelaku UMKM di Babel. Sebanyak 240 sertifikat halal diberikan kepada pelaku UMKM di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur, Selasa (2/3/21).
 
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov Kep Babel Hj Elfiyena mengatakan bahwa pemerintah provinsi memberikan fasilitasi sertifikat halal kepada pelaku UMKM di Babel secara gratis. Melalui pemberian sertifikat halal ini, Pemprov ingin membantu meningkatkan kualitas produk UMKM dan menggerakan ekonomi masyarakat.
 
"Pemprov ingin meningkatkan kualitas produk UMKM agar berdaya saing dan mampu menggerakan ekonomi. Dan Hari ini ada 200 sertifikat halal yang kita berikan dari Dinas KUKM dan 40 dari Disperindag," katanya dihadapan pelaku UMKM.
 
Penyerahan sertifikat secara simbolis dilakukan oleh Gubernur Kep Babel di dampingi Kadis KUKM Babel, Kadis Perindag Babel, Perwakilan Kemenag Babel dan Perwakilan LPPOM MUI Babel serta pejabat Dinas Koperasi dna UKM Kab/Kota.
 
Ia menjelaskan, pemberian sertifikat halal ini sesuai dengan amanat UU No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Pemprov juga sudah membuat nota kesepakatan dengan Satgas BPJPH Kementerian Agama Wilayah Babel terkait fasilitasi jaminan produk halal.
 
"Pemprov sudah membuat nota kesepahaman dengan Kanwil Kemenag tentang fasilitasi sertifikat halal Bulan September kemaren. Ini untuk membantu sertifikasi produk halal bagi UMKM," jelasnya.
 
Kadis KUKM menambahkan pelaksanaan program fasilitasi ini telah dilaksanakan setiap tahun. Pemprov melibatkan Dinas Kab/Kota untuk membantu memverifikasi UMKM yang difasilitasi produk UMKM.
 
"Kegiatan merupakan kerja sama,  kolaborasi, dan sinergi dengan dinas di Kab/Kota. Dinas KUKM provinsi menerima usulan dari Dinas Kab/kota.  Terimakasih kepada dinas yang sudah menyeleksi dan membantu kami untuk verifikasi," tambahnya.
 
Selanjutnya, Ia menuturkan bahwa komunikasi saat pandemi terbatas. Namun tidak menghalangi pemerintah untuk terus memabantu UMKM melalui sertifikasi halal. 
 
"Selamat bagi UMKM yang sudah menerima sertifikat halal. Jaga sertifikasi halal ini dengan tetap menerapkan standart pengelolaan produk halal seperti kebersihan dan higienisnya. Auditor internal harus jalankan fungsinya agar sertifikat ini dapat dipertahankan," tuturnya.
 
Diakhir arahannya, Kadis KUKM mengharapkan pelaku UMKM kedepannya bisa melakukan sertifikasi halal dan memperpanjang secara mandiri. Sertifikat halal ini berlaku selama empat tahun dan pemerintah memfasilitasi untuk yang pertama saja.
 
"Kedepan pelaku UMKM bisa mandiri ya. Triknya, mulai dari sekarang menabung untuk biaya perpanjangan sertifikasi halal secara mandiri," harapnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM