Berita

Pengurus Koperasi Dituntut Kreatif dan Inovatif Dalam Mengelola Koperasi

Pangkalan Baru - Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kep Bangka Belitung menggelar kegiatan peningkatan kualitas dan kuantitas Rapat Anggota Tahunan (RAT) Bagi Koperasi.
 
Kegiatan ini digelar selama dua hari, 16-17 November 2020 di Hotel Grand Vella Pangkalan Baru dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalisme pengurus koperasi dalam mengelola koperasi.
 
Pelatihan ini diikuti 30 pengurus koperasi dan dibuka Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi Dinas KUKM Provinsi Kep Babel, Sopiar mewakili Kadis Koperasi dan UKM Prov Kep Bangka Belitung.
 
Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Dinas KUKM Babel, Sopiar, mengatakan bahwa koperasi harus berbenah dan beradaptasi dengan kemajuan zaman. Di masa pandemi seperti ini, koperasi dituntut untuk berinovasi dengan menggunakan TIK dalam mendukung pengelolaan koperasi yang lebih baik.
 
"Pengurus koperasi harus kreatif dan inovatif dalam mengelola koperasi. Pengurus bisa memanfaatkan teknologi dalam memberikan pelayanan kepada anggota. Misalnya dalam melaksanakan RAT pada masa pandemi seperti saat ini, bisa RAT secara online," katanya.
 
Sopiar menuturkan bahwa RAT secara online atau RAT melalui aplikasi dengan sistem keterwakilan diharapkan mampu menghasilkan RAT yang berkualitas.
 
Ditegaskannya, RAT memiliki peranan penting karena menyangkut kredibilitas koperasi. RAT juga menjadi tolak ukur keberhasilan koperasi dalam mencapai tujuannya yakni mensejahterakan anggotanya.
 
"RAT sebagai indikator penanda koperasi itu sehat baik sebagai organisasi, kelembagaan dan usaha. RAT menjadi tanda bahwa usaha atau bisnis yang dijalankan koperasi dapat berjalan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan anggota dan sisa hasil usaha," tegasnya.
 
RAT selain menjadi forum kumunikasi dan pertemuan pengurus, anggota dan pengawas, ada beberapa agenda utama yang dibahas pada RAT. Agenda utama tersebut yakni laporan tahunan dan penetapan program kerja.
 
"Kedua agenda ini penting. Program kerja harus dibahas guna menetapkan langkah atau rencana pengembangan usaha dan bisnis koperasi ditahun selanjutnya," tambahnya.
 
Lewat kegiatan seperti ini, Sopiar pun berharap agar pengurus koperasi yang hadir mampu menerapkan informasi yang diterimanya dari para narasumber.
 
"Semoga pengurus yang hadir bisa menerapkan informasi sehingga koperasi yang dikelolanya mampu tumbuh dan berkembang serta berdaya saing," pungkasnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM