Berita

Platform MicroMentor Indonesia Siap Bantu UMKM Bertranformasi ke Digital

Jakarta - Kemenkop UKM bekerjasama dengan PT Mastecard Indonesia dan Mercy Corps Indonesia melaksanakan kick-off Platform Micro Mentor Indonesia di Jakarta, Kamis (3/9/20).
 
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan bahwa melalui sinergi ini, UMKM akan memperoleh akses platform online gratis untuk mentoring bisnis serta beragam pelatihan keamanan siber selama menjalankan aktifitas usaha secara online.
 
"Kehadiran Platform Micro Mentor Indonesia ini untuk membantu UMKM bertransformasi ke digital. Pelaku UMKM akan mendapatkan mentor aga mereka siap untuk onboarding ke digital," katanya di Jakarta, Kamis (3/9/20).
 
Menteri Koperasi dan UKM menambahkan bahwa pihaknya melakukan berbagai strategi dalam menbantu UMKM dimasa pandemi dan bertranformasi ke digital. Strategi tersebut yakni membuat brochure digital, pasar digital UMKM, pelatihan secara daring melalui eduumkm.i serta Mou dengan penyedia platform digital.
 
"Dengan adanya MicroMentor Indonesia akan mempercepat digitaliasi tersebut karena akan ada 80.000 UMKM dan 10.000 mentor UMKM yang siap onboarding digital. Jadi kehadiranya akan membuat semakin banyak UMKM masuk dalam ekosistem digital.," tambahnya.
 
Sementara Arif Kusuma Perwakilan PT Mastercard  Indonesia mengatakan bahwa saat krisis seperti ini, digitalisasi sangat menunjang pertumbuhan ekonomi khusus ekonomi digital. Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen membantu UMKM agar bisa bertranformasi ke digital.
 
"Pemerintah mengharapkan ada 10 juta UMKM go digital pada akhir tahun 2020. Karena itu kita berkomitmen bersama Kemenkop UKM untuk mendorong keterampilan dan menintegrasi dunia bisnis UMKM ke digital," katanya.
 
Ia juga menambahkan digitalisasi jadi hal yang penting. Karena saat ini semua bisnis mulai ke digital demi menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan menghindari ketertinggalan dari persaingan.
 
"Bisnis kecil agar dibantu untuk menjalan bisni ke digital. Kami ingin membekali ini pelaku UMKM.
Mastercard siap mendukung kemajuan ekonomi digital bagi pelaku UMKM. Karena dengan kemampuan digital yang memumpuni, UMKM mampu meningkatkan usahanya," ujarnya.
 
Sebelumnya, Ade Soekadis dari Mercy Corps Indonesia mengatakan bahwa pandemi Covid-19 menjadi moment yang tepat untuk mendorong digitalisasi UMKM. Oleh sebab itu, Micromentor hadir sebagai platform digital untuk mementor UMKM. 
 
"Kami hadir untuk membantu UMKM. Lewat platform ini, kami sediakan juga konten elearning," katanya.
 
Kehadiran pihaknya dengan berkolaborasi bersama pemerintah bisa memberikan dampak positif bagi UMKM. 
 
"Mudah-mudahan integrasi dan kolaborasi bisa memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan UMKM Indonesia," harapnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM