Berita

PPKL Berperan Mendorong Digitaliasi Koperasi

Pangkalpinang - Dinas Koperasi dan UKM Prov Kep Babel menggelar Rapat Teknis Pelaksanaan PPKL di Prov Kep Babel tahun 2021 via aplikasi zoom, Rabu (20/01/21). Rapat teknis ini dibuka langsung Kepala Dinas KUKM Prov Kep Babel Hj Elfiyena. 
 
Kadis KUKM Prov Babel mengharapkan peran PPKL dalam melakukan pembinaan koperasi di Babel bisa semakin baik sehingga mampu mendorong koperasi bertransformasi ke digital dan mengembangkan usaha.
 
"PPKL harus mampu berperan dengan baik guna mendorong koperasi di Babel bertranformasi ke digital," katanya.
 
Di era pandemi, komunikasi bukan menjadi halangan. PPKL bisa menjalankan komunikasi melalui berbagai media seperti wa, zoom meeting. 
 
"Pandemi bukan menjadi halangan bagi PPKL dalam membina dan berkomunikasi dengan koperasi. Ada 75 koperasi kewenangan Provinsi. Koordinator dan PPKL jangan meninggalkan koperasi binaan provinsi, mereka juga harus dibina agar semakin berkembang," ujarnya.
 
Kadis KUKM juga mengingatkan akan pentingnya sinergi semua pihak dalam membina koperasi. Koperasi harus didorong untuk bisa ekspor produk, khusunya koperasi produsen.
 
"Kita dorong koperasi khususnya koperasi produsen untuk bisa ekspor produknya. Harus ada koperasi lain selain koperasi lidi nipah yang bisa ekspor," sebutnya.
 
Terkait partisipan anggota, Ia menututkan bahwa partisipan anggota koperasi harus meningkat. Jumlah keanggota koperasi juga harus semakin bertambah.
 
"Koperasi jangan sampai kalah dengan organisasi lain. Koperasi harus maju, jumlah anggota semakin bertambah dan unit bisnis harus semakin berkembang," tuturnya.
 
Diakhir arahanya, Ia  berharap pada tahun 2021 ini koperasi harus mampu memanfaatkan setiap peluang di masa pandemi dan beradaptasi. 
 
"Saya harap pada 2021 ini koperasi di Babel bisa digital, memiliki website serta mampu melakukan pelaporan keuangan secara digital. Mereka harus aktif mempromosikan usaha, memasarkan produk dan jasa dari koperasi dan bisa melakukan ekspor produknya," harapnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM