Berita

Program KAU Bantu UMKM Naik Kelas dan Terhubung ke Ekosistem Digital

Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan bahwa UMKM sebagai penyanggah ekonomi bangsa dan pemerintah tak mungkin mengabaikan usaha kecil. Oleh sebab itu, Kemenkop UKM menyambut baik kerja sama dengan Blibli dalam program Kakak Asuh UMKM.
 
"Kami sambut baik kerjasama ini. Blibili menjadi kakak asuh bagi UMKM terutama yang belum terhubung pasar digital sehingga UMKM bisa naik kelas," katanya saat melaunching program Kakak Asuh UMKM (KAU) bersama Blibli secara virtual di Jakarta, Senin (31/08/20).
 
Ditambahkanya, melalui program Kakak Asuh UMKM, maka digitalisasi UMKM bisa dipercepat. Dimana pada situasi pandemi Covid-19, terjadi perubahan perilaku konsumen yang lebih banyak membeli produk melalui platform digital.
 
"Situasi pandemi membuat kita merubah pola pemasaran. Jika kita terhubung dengan digital, maka akan membantu UMKM kita dalam memasarkan produk sehingga terus terhubung dengan konsumen dan market place yang lebih luas," tambahnya.
 
Kemenkop UKM terus berkomitmen untuk mendukung digitalisasi UMKM. Selain program KAU, pihaknya juga memberikan pelatihan bekerja sama platform digital sehingga UMKM di Indonesia semakin banyak terhubung dengan ekosistem digital.
 
"Program KAU dan pelatihan yang diberikan oleh Kemenkop dan platform digital ini harus direspon pelaku UMKM. Karena ini kesempatan bagu bagi kemajuan ekonomi pelaku UMKM," ajaknya.
 
Tak hanya pelatihan, pihaknya juga mendorong terjadinya kemitraan UMKM dengan usaha besar. Hal ini sebagai salah satu strategi agar bisa mengangkat derajat dan usahanya.
 
"Kemitraan dengan usaha besar itu sangat bagus. Kemitraan itu bukan untuk mencaplok usaha kecil, tetapi kemitraan akan memberikan kesempatan UMKM tumbuh dan berkembang serta terhubung ke jaringan pemasaran yang lebih luas sehingga bisa naik kelas," pungkasnya.
 
Sementara, Direktur Blibli, Kusumo Martanto mengatakan bahwa, program KAU ini merupakan gerakan yang baik dan sudah saat dimasa seperti ini untuk berkolaborasi bersama-sama. 
 
"Kami senang bisa dipercaya jadi partner untuk membantu UMKM di Indonesia. Karena UMKM itu pilar ekonomi, kalau pilar ekonomi sudah bagus, maka ekonomi negara juga akan bagus," katanya.
 
Ia menambahkan bahwa Blibli sudah konsisten untuk membantu UMKM. Karena blibli sudah memiliki galery produk UMKM untuk mengkurasi produk-produk UMKM.
 
"Melalui galery umkm dan program Kakak Asuh UMKM, kami ingin kita Bangga dengan produk lokal. Hari ini kita new star agar kita bisa bangga dengan produk UMKM Indonesia," ujarnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM