Berita

Sekda : Forum Koordinasi Sebagai Ajang Mensinergikan Program Pemberdayaan Koperasi dan UKM

Pangkalpinang - Sekda Provinsi Kep Bangka Belitung, Naziarto membuka secara resmi forum koordinasi pemberdayaan koperasi dan UKM Provinsi Kep Bangka Belitung tahun 2020 di Hotel Pia, Senin (02/03/20).
 
Forum koordinasi yang diikuti perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Kab/Kota se Bangka Belitung ini dihadiri Assisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Prov Kep Bangka Belitung, Yanuar dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov Kep Bangka Belitung Hj Elfiyena.
 
Sekda Prov Kep Bangka Belitung, Naziarto mengatakan bahwa forum ini merupakan ajang bagi semua untuk mengeluarkan ide-ide kreatif dalam membangun koperasi dan UKM. Hal ini dilakukan agar tidak ada program yang saling tumpang tindih.
 
"Ini ajang untuk menyatukan ide kita, menyatukan dan mensinergikan program daerah yang satu dengan yang lain agar program pemberdayaan koperasi dan UKM dapat berjalan seiring dan seirama," katanya.
 
Program yang bersinergi, lanjutnya, bertujuan agar program pemberdayaan dapat berjalan maksimal sehingga dapat memberikan dampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 
Ia mencontohkan, pemberdayaan UKM melalui event atau agenda nasional yang dilaksanakan di Babel. UKM harus dilibatkan dengan baik dan maksimal. Pemkab/Pemkot dan pihak Pemprov harus mendata rumah makan dan warung kopi. Setiap ada event, pemilik rumah makan dan warung kopi dikumpulkan untuk diberikan informasi dan arahan terkait adanya event tersebut.
 
"Kita berikan arahan dan informasi sehingga mereka siap menyambut dan menerima tamu yang datang pada event tersebut. Dengan begitu kehidupan ekonomi masyarakat khususnya UMKM dapat tumbuh dan berkembang," ujarnya.
 
Selain itu, Sekda juga meminta agar dinas kab/kota dapat memaksimalkan penyerapan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Karena penyerapan KUR di Babel masih terbilang rendah. Untuk itu, melalui program pemberdayaan koperasi dan UKM yang ada dapat memaksimalkan penyerapan KUR.
 
"Tahun ini KUR akan dapat diserap maksimal. Dana dana KUR yang telah tersedia harus dikelola untuk memberikan atau memutarkan ekonomi kerakyatan di Babel melalui koperasi dan UKM," ujarnya.
 
Diakhir sambutannya, Sekda mengharapkan forum koordinasi ini mampu memberikan harapan kepada masyarakat agar mereka bisa untuk menginovasi dan memotivasi diri sendiri sehingga masyarakat bisa berdedikasi terhadap diri sendiri. Jika ini terjadi, maka kesejahteraan masyarakat Bangka Belitung bisa terwujud.
 
"Ini menjadi awal pijakan bagi kita untuk berbuat lebih baik lagi. Keluarkan pemikiran positif dan tarik benang merahnya untuk mewujudkan Babel yang sejahtera," harapnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM