Berita

Sertifikat NIK Bermanfaat Bagi Pengembangan Koperasi

Pangkalpinang - Setiap koperasi harus memiliki sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK). Sayangnya untuk menerapkan kebijakan tersebut tidak mudah karena masih banyak yang belum memilikinya. Padahal sertifikat NIK ini memiliki banyak manfaat bagi koperasi.
 
Sertifikat NIK merupakan Sertifikat yang diberikan pemerintah kepada koperasi sebagai apresiasi dan diakui sebagai koperasi aktif secara kelembagaan dan usaha. Nomor Induk Koperasi (NIK) diberikan dalam bentuk Sertifikat Nomor Induk Koperasi yang dilengkapi dengan QR Code.
 
Adi Daen Fahmi Staf Biro Perencanaan Kemenkop UKM mengatakan bahwa sertifikasi NIK ini memiliki arti penting bagi koperasi. Koperasi yang telah memiliki sertifikasi NIK juga akan mendapatkan banyak manfaat, antara lain sertifikat NIK sebagai syarat pemberian rekomendasi usulan program pemerintah pusat dan daerah serta syarat untuk pengajuan kredit perbankan. Selain itu, sertifikat NIK juga sebagai syarat permohonan ijin usaha baru dan untuk mengikuti pameran dan promosi.
 
"Sertifikasi NIK menjadi administasi badan hukum koperasi. Sertifikat NIK ini bermanfaatkan karena menjadi syarat jika koperasi ingin ajukan kredit perbankan, ikut kegiatan promosi dan syarat untuk bisa diusulkan untuk mengikuti program pemerintah," katanya pada acara rakor data dan Online Data System (ODS) Koperasi dan UMKM se Babel di Bangka City Hotel Pangkalpinang, Rabu (14/02/18).
 
Adi Daen menyatakan berdasarkan data ODS, total jumlah koperasi di Indonesia sebanyak 151.642 koperasi. Jumlah ini tersebar 4.326 atau 2,83 persen koperasi binaan provinsi dan sebanyak 146.848 atau 96,84 koperasi di Kabupaten/Kota. Dari jumlah tersebut sebanyak 20.695 koperasi yang telah memiliki sertifikasi NIK. Di Babel sendiri tercatat terdapat  996 koperasi perdesember 2017.
 
"Dari jumlah tersebut koperasi yang telah memiliki sertifikasi NIK mencapai 199 koperasi atau sebasar 25,98 persen. Semoga tahun ini jumlahnya terus meningkat," ucapnya.
 
Di Kabupaten Bangka tercatat 207 koperasi  dan 12 yang telah memiliki sertifikasi NIK, di Bangka Tengah 139 koperasi dan 49 yang meniliki sertifikat NIK, di Bangka Selatan ada 86 koperasi dan 24 yang telah sertifikasi NIK dan di Bangka Barat ada 46 koperasi yang telah ada sertifikasi NIK dari 114 koperasi.
 
Sedangkan di Belitung terdapat 139 koperasi dan 24 yang meniliki sertifikat NIK, di Belitung Timut  ada 105 koperasi dan 17 yang telah sertifikasi NIK dan di Pangkalpinang ada 27 koperasi yang ada sertifikasi NIK dari 119 koperasi.
Sumber: 
Humas Dinas KUKM
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Surianto
Bidang Informasi: 
KUKM