Berita

Tahun 2021, Dinas KUKM Babel Fasilitasi 200 Sertifikat Halal Gratis

Pangkalpinang - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2021 ini akan memfasilitasi 200 sertifikasi halal gratis bagi pelaku UMKM di Babel. Fasilitasi ini untuk meningkatkan kualitas produk dan UMKM naik kelas di Bangka Belitung
 
Kepala Dinas Koperasi UKM Prov Kep Babel, Hj Elfiyena mengatakan sejak tahun 2016, Dinas Koperasi dan UKM Babel telah memfasilitasi sertifikasi halal untuk produk UMKM.
 
"Tahun 2021 ini ada 200 sertifikasi halal gratis untuk UMKM di Babel, setiap tahun ada sertifikat gratis hanya jumlahnya berbeda setiap tahun sesuai anggaran yang ada," katanya di ruang kerjanya di Pangkalpinang, Rabu (13/01/2021). 
 
Ia menjelaskan, bagi UMKM yang ingin mendapatkan sertifikasi halal gratis dari Pemerintah Provinsi Kep Babel ini, dapat  mendaftarkan diri ke dinas koperasi dan UMKM di masing-masing kabupaten dan kota di wilayah Provinsi Kep Babel.
 
"Daftranya ke masing-masing kabupaten/kota, nanti dinas Koperasi UMKM kabupaten/kota yang mendaftarkan ke kita. Dengan adanya sertifikat halal produk UMKM kita akan semakin bisa bersaing dan memberikan rasa aman kepada konsumen," ujarnya. 
 
Menurutnya, dengan produk UMKM memiliki sertifikat halal akan semakin mudah untuk memasuki pasar internasional, selain itu produk UMKM juga bisa bersaing dengan produk UMKM lainnya. 
 
"Kita ingin produk UMKM Babel punya nilai tambah dan berdaya saing. Selain itu juga, fasilitasi sertifikat ini untuk menjalankan Undang-undang nomor 33 tahun 2014 tentang jaminan sertifikasi produk halal termasuk di Undang-undang Cipta Kerja juga tertuang tentang sertifikasi halal produk," ujar Kadis KUKM Babel.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Dok Dinas KUKM
Bidang Informasi: 
KUKM