Berita

UMKM Desa Kota Kapur Siap Eksport Lidi Nipah

Bangka - Pelaku UMKM Desa Kota Kapur telah melakukan pengumpulan lidi nipah. Pelaku UMKM yang terdiri dari 
nelayan dan petani berhasil mengumpulkan sebanyak 12. Lidi nipah ini akan diekspor perdana ke Bepal.
 
"Pelaku UMKM Kota Kapur dilatih untuk mengolah lidi nipah. Lidi nipah ini memiliki potensi eksport. Dengan adanya usaha tambahan ini, para nelayan dan petani tersebut dapat meningkatkan perekonomian warga di tengah pendemi Covid-19," kata Kadis Koperasi dan UKM Prov Kep Babel, Hj Elfiyena, Jumat (26/6/20).
 
Dijelaskanya, pelatihan pengolahan lidi nipah dilakukan menggunakan dana DAK dari Kemenkop UKM, baik tahun 2019 maupun tahun 2020. Pelatihan sebagai hasil dari upaya Pemprov mendata potensi yang ada didaerah tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan pelatihan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
 
Kadis KUKM menambahkan masyarakat Desa Kota Kapur sangat bersemangat waktu mendapatkan pelatihan. Setelah pelatihan, masyarakat langsung mengimplementasikan ilmu yang didapatnya.
 
"Setelah pelatihan mereka langsung produksi dan hasilnya berdasarkan kurasi cukup baik untuk dieskpor. Saya harap Desa Kota Kapur bisa menjadi sentra produksi lidi nipah dan masyarakatnya bisa meningkatkan penghasilan keluarganya," pungkasnya.
 
Sebelumnya, Jafri, selaku Tokoh Desa Kapur yang juga menjadi koordinator para petani dan nelayan, mengimbau agar permasalahan harga dapat diatur sedemikian rupa untuk kesejahteraan masyarakat, selain itu juga dapat diberikan kemudahan dalam hal perizinan.  
 
“Kami minta tolong pemerintah untuk memberikan kemudahan dalam perizinan, dan juga dapat mengatur harga yang bagus untuk ekspor. Kami pun berharap mendapatkan bimbingan dari dinas koperasi dan UMKM, mengingat SDM masih minim,” ungkapnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
ist
Bidang Informasi: 
KUKM