Berita

UMKM Harus Tumbuhkan Optimisme di Tengah Pandemi

Pangkalpinang - Kadis KUKM Pemprov Kep Babel Hj Elfiyena mengharapkan UMKM Babel untuk terus optimis menjalankan usahanya di masa pandemi. UMKM juga harus menggali peluang agar bisa bertahan bahkan berkembang dimasa pandemi.
 
"UMKM harus terus tumbuhkan rasa optimis dan gali peluang di masa pandemi. Dengan  optimisme, usaha akan terus berkembang dan bergerak dengan tren yang selalu positif," katanya pada acara telewicara di In radio fm, Selasa (19/01/21).
 
Kadis KUKM Babel menuturkan bahwa pandemi merubah pola pemasaran yang dilakukan UMKM. Dimana sebelum pandemi, UMKM masih banyak memasarkan produk secara offline, sedangkan pada masa pandemi, UMKM lebih banyak dan harus memasarkan secara online.
 
"Kita dorong mereka menggunakan market place. Jadi pandemi percepat UMKM untuk bisa digital. Ini dapat mendorong pemasaran produk UMKM semakin luas sehingga mampu menggerak ekonomi," ujarnya.
 
Dalam menjalankan usaha dimasa pandemi, pelaku UMKM juga harus mematuhi pelaksanaan prokes 3M. Dengan menerapkan prokes 3M, usaha dan ekonomi dapat terus bergerak.
 
"Kita berkolaborasi dengan komunitas milenial dan komunitas lain untuk mensosialisasikan prokes 3M ditempat usaha UMKM. Penerapan prokes 3M sangat penting agar roda perekonomian terus bergerak dan penyebaran virus Covid-19 dapat ditekan," pungkasnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM