UMKM KUBE SUKA DAMAI

Profil Usaha

Kab/Kota: 
Belitung

   Sejarah usaha UMKM Kube Sukadamai diawali dari keinginan Bapak Miftahun untuk memiliki usaha sendiri dengan manajemen yang dapat dikelola sendiri tanpa harus diatur oleh atasan. Sebelumnya Bapak Miftahun bekerja sebagai kuli angkut barang di Pelabuhan Tanjungpandan. Kemudian Bapak Miftahun beralih profesi sebagai seorang nelayan. Sebagai seorang nelayan, pendapatan bapak miftahun tidak menentu dan dipengaruhi oleh kondisi cuaca.  Ketika hasil tangkapan laut berupa ikan – ikan kecil melimpah, harga ikan kecil tersebut sangat murah dan tidak jarang dibuang begitu saja. Pada kondisi seperti ini, Bapak Miftahun berpikir untuk ikan – ikan kecil tersebut menjadi produk yang bernilai tambah.

   Awalnya tidak mudah bagi bapak Miftahun untuk mengolah ikan kecil tersebut menjadi produk yang enak dan disukai oleh masyarakat. Namun dengan adanya bantuan pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Belitung, ikan kecil tersebut dapat diolah menjadi produk ikan krispi. Selain Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Belitung, Dinas Kesehatan dan Dinas Koperindag juga sangat membantu proses berkembangnya usaha Bapak Miftahun dengan memberikan berbagai pelatihan. Pada Tahun 2009, UMKM Kube Sukadamai mendapat bantuan modal usaha dari Pelindo II Tanjungpandan. Kube Sukadamai juga mendapatkan bantuan pembinaan dan alat penunjang pengolahan dari LIPI. Sejak saat itu usaha UMKM Sukadamai semakin berkembang dan mulai menambah produk olahan rumput laut, yaitu pilus rumput laut.

    Nama Kube Suka Damai diambil dari nama Dusun Sukadamai tempat dimana Bapak Miftahun tinggal.UMKM Sukadamai beralamat di jalan Munir No. 33 RT.03 RW.03, Desa Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.Kapasitas produksi ikan klrispi dan pilus rumput laut mencapai 5000 kg/tahun dan kapasitas terpasang adalah 6000 kg/tahun.Usaha ini dimulai dengan modal pinjaman dari Pelindo II Tanjungpandan dengan sistem pengelolaan usaha secara semi modern menggunakan mesin-mesin pengolahan yang dioperasikan oleh sumber daya manusia. Sistem upah karyawan secara harian.

Biodata Pelaku Usaha
Nama: 
Miftahun
Alamat: 
Jln. Munir No. 33 RT.03 RW.03, Desa Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung
Jenis Kelamin: 
Laki-Laki
Agama: 
Islam
Kontak: 
08217521392
Warganegara: 
Indonesia
Biodata Usaha Produk
Pemilik Usaha: 
Miftahun
Alamat Usaha: 
Jln. Munir No. 33 RT.03 RW.03, Desa Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung
Nama Usaha: 
KUBE SUKA DAMAI
Jenis Usaha: 
Makanan Olahan Ikan
Tahun Berdiri: 
2009
Informasi Lain: 
Sampai berdiri saat ini, UMKM Sukadamai telah memiliki izin sebagai berikut : a. Surat Izin Tempat Usaha (SITU) Menengah (Terlampir) b. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) (Terlampir) c. Surat Tanda Daftar Industri (TDI) (Terlampir) d. Sertifikat Halal (Terlampir) e. Surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) (Terlampir) f. No P-IRT (Terlampir) g. Surat Tanda Pendaftaran Usaha Perikanan (STPUP) (Terlampir)

SemuaProfil

Profil Usaha Lainnya

Pangkalpinang
Pangkalpinang
Pangkalpinang
Pangkalpinang
Pangkalpinang
Pangkalpinang
Bangka Barat
Pangkalpinang
Pangkalpinang
Pangkalpinang
Pangkalpinang
Pangkalpinang
Bangka Induk
Pangkalpinang
Belitung
Pangkalpinang
Pangkalpinang