Mie Koba

Profil Usaha

Kab/Kota: 
Pangkalpinang

      Jika anda berkunjung ke Belitung, belum lengkap rasanya jika tak mencicipi mie Belitung. Hal yang sama juga berlaku di Bangka. Salah satu mie Bangka yang sudah diakui kelezatannya adalah mie Koba. Nama mie koba, diambil dari tempat asalnya, yakni kota Koba, di kabupaten Bangka Tengah. Kota ini memebutuhkan waktu satu jam perjalanan dari Ibu kota Bangka Belitung, Pangkalpinang.

Kabar baiknya, untuk mencicipi mie koba sekarang anda tak perlu lagi jauh-jauh berjalan ke kota koba. Karena mie koba juga sudah tersedia di Pangkalpinang dan Sungailiat.

     Mie koba telah mampu menarik hati sebagian wisatwan untuk kembali ke pulau Bangka. Maklum mie kuah yang satu ini juga sudah jadi langganan banyak artis tanah air yang berkunjung ke Pangkalpinang. Harga-nya juga sangat bersahabat, bahkan bisa dibilang cukup murah jika dibanding dengan rasanya.

     Adalah Bapak Iskandar, orang pertama yang meracik menu kuliner khas Bangka ini dengan bahan alami. Mie buatan Bapak Iskandar inilah yang setiap hari dikirim dari kota koba untuk dijajakan di Pangkalpinang dan Sungailiat. Salah satu rahasia kenikmatan mie koba terletak pada gondokan bumbu kuahnya yang bercampur dengan kaldu asli dari ikan Tenggiri. Kaldu ini membuat kuah mie koba lebih kental dan gurih. Tapi jangan salah, saat kuah mie sampai dilidah, rasa ikan tenggirinya justru lenyap.

    Kesegaran mie ini bukan berasal dari sambal atau pun irisan daun seledri. Warga Bangka sudah terbiasa membubuhkan jeruk dalam makanan kuah. Jeruk yang dipilih pun bukan jeruk peras biasa. Bila Anda melihat beberapa bulir jeruk di atas meja makan, itulah yang disebut dengan jeruk kunci. Jeruk kunci konon hanya tumbuh di beberapa bagian pulau Sumatera saja, termasuk di Bangka dan Belitung. Jeruk ini dijadikan bagian dari penyedap makanan bagi warga Bangka. Tambahkan satu perasan jeruk ini ke dalam Mie Koba, dan bersiaplah untuk merindukannya lagi.

   Keistimewaan tak berhenti di jeruk kunci. Mie Koba berciri khas tambahan telur di dalamnya. Telur yang telah direbus matang, dikuliti hingga bersih dan dijadikan side dish Mie Koba. Jadi, bukan telur dadar atau mata sapi yang biasa disiapkan di rumah makan, melainkan telur rebus bercampur kuah tenggiri yang gurih.

Biodata Pelaku Usaha
Nama: 
Iskandar
TTL: 
Koba
Alamat: 
Jalan balai Pangkal pinang
Jenis Kelamin: 
Laki-Laki
Agama: 
Islam
Warganegara: 
Indonesia
Biodata Usaha Produk
Pemilik Usaha: 
Iskandar
Alamat Usaha: 
Jalan balai Pangkal pinang
Nama Usaha: 
Mie Koba
Jenis Usaha: 
Makanan
Tahun Berdiri: 
2010
Informasi Lain: 
Memiliki cabang di sungailiat dan pangkal pinang saat ini memiliki 25 orang tenaga kerja

SemuaProfil

Pangkalpinang
Bangka Tengah
Belitung Timur

Profil Usaha Lainnya

Pangkalpinang
Pangkalpinang
Pangkalpinang
Pangkalpinang
Pangkalpinang
Pangkalpinang
Bangka Barat
Pangkalpinang
Pangkalpinang
Pangkalpinang
Pangkalpinang
Pangkalpinang
Bangka Induk
Pangkalpinang
Belitung
Pangkalpinang
Pangkalpinang