Berita

Indah Sari Senang Mendapatkan Pelatihan Kerajinan Anyaman Lidi Nipah

Pangkalpinang - Peserta pelatihan kerajinan lidi nipah tampak semangat menyelesaikan produk kerajinan anyaman lidi nipah di Hotel Sun Pangkalpinang, Kamis (13/8/20).
 
Muji, Narasumber dari APIKRI Yogyakarta menyatakan para peserta antusias menyelesaikan produknya. Berbagai produk yang dibuat, yakni basket keranjang dan kap lampu. 
 
"Masing-masing peserta semangat dan cukup kreatif dalam membuat anyaman tersebut walaupun ini pengalaman pertamanya. Kerajinan anyaman ini memang butuh waktu namun ada beberapa peserta yang sudah selesai," katanya.
 
Muji menjelaskan bahwa proses pembuatan anyaman yang dilakukan peserta dimulai dari menganyam lidi ke kerangka cetakan, melakukan perekatan tali agel dengan lem. Setelah anyaman selesai dikreasikan, proses selanjutnya yakni menghilangkan bulu halus yang masih ada dengan api.
 
"Setelah dianyam, bulu-bulu halus yang masih melekat dilidi nipah dihilangkan dengan api," jelasnya.
 
Langkah selanjutnya yakni memberikan lem kayu pada semua bagian kerajinan anyaman serta melakukan pewarnaan.
 
"Pemberian lem ini dilakukan agar lebih kuat dan lidi nipahnya tidak bergerak. Setelah proses ini, kerajian lidi nipah tersebut dijemur, dan diberikan warna," kata Muji.
 
Indah Sari, peserta pelatihan dari Desa Jelutung Bateng mengakui sangat senang mendapatkan pelatihan kerajinan lidi nipah. 
 
"Ini pelatihan pertama yang diikutinya. Dan sangat senang karena diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan seperti ini," kata Indah sambil menunjukan anyaman karyanya.
 
Indah menambahkan pelatihan ini tentunya sangat bermanfaat bagi kemajuan dirinya sendiri dan komunitas.
 
"Ini pengetahuan baru dan akan bermanfaat bagi dirinya dan komununitasnya kedepan," ujar Indah yang juga anggota komunitas ketilon Namang ini.
 
Indah berharap, melalui pelatihan kerajinan ini, Ia mampu membuat produk kerajinan lidi nipah yang berkualitas dan bisa dieksport.
 
"Semoga saya dan teman-teman bisa menghasilkan produk kerajinan yang berkualitas. Dan kita juga siap jika diundang untuk ikuti pelatihan selanjutnya," harapnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM