19/06/2017 | Pangkalpinang

Usaha kemplang MM berdiri tahun 2000 dengan modal awal Rp500.000,-. Pendiri usaha kemplang MM adalah Bapak Janes Stepanus yang dibantu istrinya. Pada tahun 2000, usaha ini masih menggunakan cara manual/tradisional. Dengan modal seadanya produksipun tidak banyak hanya 10 kg/hari. Sebelum menjalankan usaha kemplang panggang, Pak Janes sempat berjualan ikan dan sayuran keliling. Pernbah juga bekerja sebagai tukang bangunan.

19/06/2017 | Pangkalpinang

Permen yang dibungkus kecil ukuran 1 cm dengan kertas minyak berwarana putih ini memeiliki rasa unik dari gula kabung yang harum. Padahal permen ini sama sekali tidak menggunakan gula pasir yang dikaramelkan (browning) dengan santan kelapa.

19/06/2017 | Pangkalpinang

Alip Bintang Terang merupakan usaha yang bergerak di bidang makanan yang berdiri sejak tahun 1980. Thian Tjung Lip memulai usaha ini dengan semangat yang tinggi. Dodol yang diproduksi dipasarkan langsung olehnya, dengan cara promosi dari rumah ke rumah dan menitip ke toko-toko tanpa merek. Ternyata respon konsumen terhadap produknya sangat positif, konsumen sangat suka dengan dodolnya.

19/06/2017 | Pangkalpinang

Bermula dari usaha arisan beberapa produk menjelang lebaran dengan cara mengambil daari beberapa produsen, perlahan-lahan Era Maya Sari berpikir bagaimana caranya memenuhi sendiri kebutuhan pelanggan arisannya terhadap salah satu produk yaitu kritcu. Produk Keripik telur cumi ini adalah merupakan cemilan spesial khas Bangka Belitung yang sangat digemari. Usaha ini terhitung mudah bagi Era terutama karena bahan baku pun mudah diperoleh.

19/06/2017 | Pangkalpinang

Getas merupakan jenis makanan ringan yang sangat digemari oleh masyarakat Bangka Belitung pada umumnya meski bukan menjadi makanan pokok. Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Getas merupakan salah satu makanan khas olahan hasil laut yang tidak sekedar menjadi cemilan saat santai, suguhan untuk tamu atau nonton TV yang mampu membuat lidah tidak mau berhenti mengunyahnya.

17/06/2017 | Pangkalpinang

Saat ini kerajinan tangan tidak hanya menjadi hobi dan  pekerjaan sampingan tetapi telah menjadi nilai tambah ekonomi bagi pengrajinnya seperti yang dirasakan oleh Karmila pemilik “ Mila Rajutan “ yang berdiri sejak tahun 2011 ini. Usaha Mila Rajutan memiliki berbagai macam bentuk dan motif seperti bros, tas, dompet, taplak meja , dll.

17/06/2017 | Pangkalpinang

Kehidupan perekonomian yang tidak menentu merupakan salah satu hal yang melatarbelakangi Ibu Lina warga Jalan Bedukang No. 30 Pangkalpinang untuk merintis usaha pembuatan kemplang panggang. Saat itu, ia tidak memeiliki pekerjaan tetap sehingga terpikirlah untuk mencoba membuka usaha ini dengan modal awal 500 ribu rupiah.

17/06/2017 | Pangkalpinang

Salah satu pelaku usaha yang memproduksi madu khas Bangka adalah Sumaidi. Wirausahawan umur 41 tahun ini memulia usahanya pada tahun 2007. Menurut penuturan Sumaidi, madu di dapat dari hutan di daerah pulau Bangka dari pengumpul madu, selanjutnya diproses hingga madu dikemas dalam beberapa ukuran. Pemasaran madu ini sudah mencakup daerah sulawesi, medan, jakarta dan daerah lainnya di Indonesia.

17/06/2017 | Pangkalpinang

Berawal mengikuti perlombaan souvener khas Bangka yang diselenggarakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pertengahan 2010, Mahendri mencoba peluang dengan menciptakan kreasi baru yang berbahan baku khas Bangka. Pilihannya cukup unik dan banyak disangsikan banyak orang, pakah mampu membuat kerajinan berbahan ketuyut ini. Upaya keras dan terjun langsung dalam pengambilan ketuyut, Mahendri membuat sovener berbahan baku ketuyut.

17/06/2017 | Pangkalpinang

Coklat bukan hanya sebagai camilan anak kecil, tetapi juga dapat dinikmati orang dewasa bahkan sering dijadikan hadiah untuk orang tersayang sehingga memberikan peluang untuk dijadikan lahan bisnis. Peluang tersebut dimanfaatkan oleh Zusan, berawal dari hoby berkreasi dan kegemarannya dalam membuat kue mulai dari jajanan pasar, kue lebaran dan kue ulang tahun serta membuat kreasi camilan coklat.

17/06/2017 | Pangkalpinang

Di pulau Timah, banyak tumbuh liar di hutan sekitar mata air dan rawa adalah pohin nipah, pohon sagu dan pohon pandan, pohon kelubi dan tumbuhan lainnya yang adaptif dilahan berkadar air tinggi. Diantara tumbuhan liar tersebut, pohon kelubi menghasilkan buah yang sangat asam dan sepat, bentuknya serupa dengan buah salak, namun lebih kecil dengan diameter 3 – 5 cm. Jika dukupas daging buah berwarna putih kecoklatan dengan biji pada bagian tengahnya dan muncul berkelompok dalam tandan.

17/06/2017 | Pangkalpinang

Kue Putu merupakan jajanan berbahan baku utama beras dengan isian gula merah dan taburan kelapa parut muda. Dengan didominasi warna putih, rasa yang unik dan cara pemnuatannya yang khas, meluluskan Kue Putu Ayu HJ BANGKA menjadi salah satu kuliner yang selalu dikangeni di Pulau Bangka khususnya di Kota Pangkalpinang.

17/06/2017 | Pangkalpinang

Getas dan kricu merupakan salah satu makanan ringan khas Bangka Belitung yang sangat digemari bukan hanya oleh penduduk setempat tetapi juga bagi wisatawan luar daerah. Salah satu kricu dan getas yang banyak dijumpai di toko – toko snack yang ada di bangka Belitung adalah Kricu Bulan Bintang Getas Mentari.

17/06/2017 | Pangkalpinang

Roti merupakan salah satu alternatif makanan jadi yang cukup di minati masyarakat karna tersedia dalam aneka pilihan rasa , praktis penyajian nya dan dapat dinikmati mulai anak anak sampai orang tua. Oleh karna itu, konsumsi terhadap roti juga mengalami peningkatan setiap tahunya. Kondisi ini menjadi peluang pasar yang potensial untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

17/06/2017 | Pangkalpinang

Bagi pencinta kopi, Kopi Bangka menjadi salah satu alternatif kopi terbaik yang memiliki rasa tradisional dengan cita rasa yang enak, unik dan kental dengan aroma khas sekali. Dengan proses pembuatan yang masih tradisional pada penggorengan kopi, kopi Bangka semakin diminati sehingga merupakan bisnis yang sangat menggiurkan.

17/06/2017 | Pangkalpinang

Mengantisipasi permasalahan air di Pulau Bangka membuat PT. Duta Putra Leksindo tertarik untuk memenuhi peluang dalam pennyediaan air bersih untuk memenuhi kebutuhan konsumen lokal ( Bangka dan sekitarnya) sehingga pada bulan Agustus Tahun 1998 setelah melakukan survey kurang lebih 2 tahun, berdirilah Air Minum Dalam kemasan (AMDK) yang berkedudukan di Jalan Semabung Lama Gang Mawar Ujung No. 264 Pangkalpinang. 

17/06/2017 | Pangkalpinang

Eka Ferlina adalah ibu rumah tangga yang memilih untuk berwirausaha untuk memebantu suami memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Awal mula Eka merintis udahanya dilakukan karena ia memiliki hobi mempraktekan berbagai macam makanan dan kue, salah satunya produk abon cabe yang bahan bakunya bersal dari cabe. Menurutnya, cabe mudah ditemukan di semua daerah di Bangka Belitung.

17/06/2017 | Pangkalpinang

Yanti adalah ibu rumah tangga dengan 2 orang naka, pekerjaan sehari hari adalah sebagai pengrajin tudung saji yang dikerjakannya bersama suami. Hasil tudung saji buatannya dipasarkan di Kota Pangkalpinang.

17/06/2017 | Pangkalpinang

Merantau ke Pulau Bangka ternyata merupakan berkah yang tak ternilai bagi Aris dan keluarganya. Dengan berbekal modal awal sebesar 100 ribu rupiah, Pak Aris warga Solo Karang Anyer in merintis usaha kemplang rambak udang yang dipasarkan ke warung bakso yang ada di Pangkalpinang.

17/06/2017 | Pangkalpinang

Lahir dari keluarga pengrajin rotan dan sering membantu usaha orang tuanya, bapak wahyudi mencoba peruntukannya untuk bisnis kerjainan rotan di Pulau Bangka. Usaha yang dirintis sejak tahun 2005, bermula dari membeli barang dari kerjinan rotan dan dijual kembali ternyata sangat diminati dan semakin berkembang.

17/06/2017 | Bangka Barat

Seiring dengan kemajuan pariwisata di Pulau Bangka membawa berkah terhadap perekonomian masyarakat yang diperoleh dari usaha kuliner maupun kerajinan. Salah satunya adalah Ara yang merintis usaha pembuatan empiyang ikan dan udang di Kabupaten Bangka Barat. Sebelumnya Aratidak pernah membayangkan kalau usaha pembuatan empek – empek dan kemplang yang  drintisnya sejak tahun 2014 bisa berkembang.

17/06/2017 | Bangka Barat

Belum lengkap rasanya kalau berkunjung ke Mentok tidak membawa oleh – oleh kemplang udang yang dikenal memiliki  cita rasa yang enak dan  mengandung  gizi yang tinggi. Salah satu pelaku usaha pembuatan kemplang udang tersebut adalah Leni yang berasal dari Desa Belo Laut.

17/06/2017 | Bangka Barat

Ketika menghadapi hari raya keagamaan, kue kering  merupakan  makanan jadi yang sangat di minati masyarakat. Salah satu pelaku usaha tersebut adalah Sulartri warga desa Tempilang. Berbagai macam jenis kue kering yang dihasilkannya diantaranya adalah kue pastel, kue nastar, kue bolu dan sebagainya. 

17/06/2017 | Bangka Barat

Seiring dengan pesatnya perkembangan wisata di Kepulauan Bangka Belitung membawa dampak pula terhadap perkembangan UMKM, salah satunya adalah usaha yang dilakukan Poningsih pemilik  “ Graha Putri Lampung” . Produk yang dihasilkannya adalah keripik pisang dan singkong yang memiliki berbagai macam  rasa seperti rasa keju,  pedas, coklat dan original.

17/06/2017 | Bangka Barat

Ketika menghadapi hari raya keagamaan, kue kering  merupakan  makanan jadi yang sangat di minati masyarakat. Salah satu pelaku usaha tersebut adalah Abdul Rojik warga desa Tempilang. Berbagai macam jenis kue kering yang dihasilkannya diantaranya adalah kue pastel, kue nastar, kue bolu dan sebagainya.

16/06/2017 | Bangka Tengah

Dengan memanfaatkan jeruk kunci atau jeruk sambal sebagai bahan baku utama Ibu Ellis memanfaatkan jeruk kunci untuk dijadikan sebagai biang sirup. Biang sirup ini banyak bermanfaat bagi kesehatan antara lain : stamina tubuh, obat flu dan banyak mengandung vitamin C.

16/06/2017 | Bangka Barat

Mulanya karna suka mengolah udang menjadi Empek-empek udang untuk dimakan dirumah, dari tahun 2003 saya berhasil mengembangkannya menjadi usaha mandiri. Selain bahan bakunya yang tidak terlalu susah didapat, empek-empek udang sekarang telah menjadi faforit sebagai opsi lain dari empek-empek ikan yang pada umumnya.

16/06/2017 | Bangka Barat

Bermula dari hoby yang suka mencicipi kopi dari daerah-daerah, di tahun 2001 saya mencoba untuk membuka usaha kopi bubuk, khususnya untuk kopi khas dari muntok. Saya melhat bahwa pecinta penikmat kopi setiap harinya semakin meningkat. Jadi saya rasa prospek untuk membuka usaha kopi bubuk ini sangat bagus.

16/06/2017 | Bangka Barat

Saya adalah seorang perantauan dari Pacitan yang bermukim di Kampung Jawa Mutok. Awal mula kegiatan usaha ini saat saya dan suami berkebun umbi-umbian dikebun. Ketika panen, hasil panen tersebut terbilang susah untuk dijual di pasar. Alhasil Ekonomi keluargapun goyah.

16/06/2017 | Bangka Barat

Bermulanya usaha ini adalah ketika saya mengikuti pelatihan-pelatihan kerajinan pewter ditahun 1985-1986. Saat itu kami masih berbentuk kelompok dan disuport oleh orderan dari PT. TIMAH.

Nah, di tahun 1987 saya mulai usaha ini sediri/mandiri, alhamdulillah hingga sampai saat ini sudah banyak yang memesan orderan PEWTER saya ini. Ada yang dari lokal, bahkan hingga dari luar pulau Bangka. Pewter saya ini bermerk “ PEWTER BANGKA “(JM)

16/06/2017 | Bangka Barat

Bermukim dekat dengan laut menimbulkan ide bagi saya untuk mengolah hasil lautnya. Pada tahun 2003 saya berinisiatif untuk membuat usaha dengan memproduksi makanan ringan (kemplang). Kenapa kemplang ikan? karena menurut saya bahan baku pembuatannya lumayan mudah untuk didapat.

16/06/2017 | Bangka Selatan

Usaha ini sebenarnya merupakan usaha turun-temurun keluarga. Bermula dari ayah saya dulu yang telah wafat, maka saya yang melanjutkan/meneruskan usaha alm. beliau.

Ditahun 1991 saya mulai melanjutkan serta mengembangkan usaha ini dengan melakukan sedikit perubahan dengan memberi merk dikemasan. Merk tersebut saya beri dengan nama “ GETAS SALAI “(JM)

16/06/2017 | Bangka Selatan

Pada awalnya usaha ini merupakan sebuah kebiasaan keluarga kami sehari-hari untuk makanan (cemilan) dirumah saja. Kemudian dari kebiasaan-kebiasaan tersebut muncul lah ide saya untuk mengembangkan kebiasaan-kebiasaan ini sebagai penunjang ekonomi keluarga.

15/06/2017 | Bangka Tengah

Singkong adalah makanan khas dari indonesia yang kaya akan karbohidrat. Bahkan,di sebagian daerah,singkong di jadikan makanan pokok selain dari nasi. Singkong ataupun produk turunannya selalu di minati oleh hampir seluruh lapisan masyarakat,tak terkecuali di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Salah satu produk turunan atau olahan singkong itu adalah keripik singkong pedas yang di produksi oleh ibu susilawati yang di beri nama Keripik Singkong Pedas’Amna’.

15/06/2017 | Bangka Tengah

Berawal dari niat untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarga serta mempunyai hobi membuat kue,ternyata mampu membawa usaha kecil ini menjadi UMKM Mandiri yang bertahan dan berkembang sampai sekarang. Sejak di mulai pada tahun 2014 dan modal awal Rp.300,000 usha yang di beri nama ‘ATHIFA’ ini terus kebanjiran permintaan dari konsumen atau pelanggannya

15/06/2017 | Bangka Tengah

Saat ini poularitas tanaman rosella kian meningkat seiring dengan maraknya semboyan hidup sehat ‘kembali ke alam’. Khasiatnya yang beragam merupakan faktor utama tingginya permintaan pasar. Selain itu,rosella juga di kenal memiliki rasa yang khas sehingga bisa di olah menjadi minuman serta pelengkap makanan yang nikmat. Salah satunya adalah sirup rosella yang menggunakan bahan dasar kelopak bunga rosella yang mengandung pewarna kental yang alami.

15/06/2017 | Bangka Induk

Snack Adly berdiri pada April 2012, bertempat di Lingkungan Kampung Pasir No.44A Sungailiat Bangka. Owner Snack Adly sendiria dalahYuniar. Jenis produk yang ditawarkan berupa keripik ikan tenggiri. Awalnya, Yuniar tidak mempunyai strategi khusus pada saat memulai usaha ini. Fokusnya hanya menjual bermacam-macam kue basah seperti aneka kue brownies, bolu tapa ikeju  dan almond gelinak, dll.

15/06/2017 | Bangka Induk

 Renyahnya usaha makanan ringan memanglah tidak dapat dilihat sebelah mata. Kesempatan inilah yang lalu dilirikoleh  Samsudi sejak Tahun 2008 dengan mengusung IBO untuk nama usahanya. IBO sendiri merupakan inisial nama ketiga anak-anaknya.

15/06/2017 | Bangka Induk

Loundry ”BinatuAggi Bangka”didirikan oleh Sudirman, dengan operasional yang dimulai pada Tanggal 15 Agustus 1999, yang pada mulanya hanya melayani laundry keluarga yang awalnya merupakan home industry dengan menggunakan mesin dan peralatan yang sangat sederhana, pelanggannya juga kalangan rekan-rekan dan tetangga sekitarnya,.

15/06/2017 | Bangka Induk

Ampiang dan kemplang merupakan penganan renyah yang tidak hanya memanjakan lidah tapi juga mengandung protein tinggi. Ampiang dan kemplang sendiri berbentuk bulat, dengan bahan baku ampiang yang berasal dari ikan segar dan kemplang dengan bahan baku cumi dan ada juga yang berbahan udang segar. Seperti usaha Ampiang dan Kemplang “GIZA”  yang  diproduksi oleh Romaita sejak Tahun 2013.

15/06/2017 | Bangka Induk

Usaha Budidaya Ikan Gurame yang dijalankan Bong Po San telah berkembang sejak Tahun 2014, namun pengalaman di bidang budidaya ikan telah lama ditekuni dengan bergabung bersama Unit Pembenihan Rakyat (UPR) Sinar Fajar sehingga beliau sudah cukup menguasai keterampilan dan pengetahuan  budidaya.

14/06/2017 | Bangka Induk

Pada awalnya saya membuat Keripik ini untuk tambahan pengahasilan dan  mengisi kegiatan dari pada saya larut dalam kesedihan, karena tahun 2012 anak kedua saya meniggal dunia. Saya memulai usaha ini tahun 2013, merek produk ini saya ambil dari nama anak saya yang meninggal dunia yang bernama ANANDA.

14/06/2017 | Bangka Induk

Berawal dari tahun 2015 bulan September lalu dengan  modal Lima Puluh Ribu saya memberanikan untuk membuat keripik Singkong untuk dijual ke warung-warung, sebelumnya saya adalah Asisten Rumah Tangga.

Pada Awalnya saya baru menjual keripik Singkong ini ke satu warung saja. Saya terus melakukan Inovasi agar keripik pas di lidah konsumen, sampai saya menemukan rasa yang pas dan banyak disukai oleh masyarakat.

14/06/2017 | Bangka Induk

Berawal dari tahun 2013 waktu usaha pertama saya tutup yakni usaha Pisang Unggu. Ketika itu saya masih berfikir untuk membuka usaha lain. Lalu saya mencari ide apa yang cocok, saat itu saya masih status karyawan perusahaan di Medan.

14/06/2017 | Bangka Induk

 

“Indwin” adalah merek usaha yang bergerak dibidang  minuman yaitu minuman yang terbuat dari Pucuk Pelawan. Nama “ Indwin” ini diambil dari nama saya sendiri yaitu INDRA WINANTO

13/06/2017 | Bangka Tengah

Merantau ke negeri orang dengan berbekal keahlian membuat kue semprong,  ternyata membuahkan hasil yang lumayan bagi Addami dan keluarga. Usaha yang digeluti sejak tahun 2010 ini semakin digemari oleh konsumen, selain  rasanya yang enak juga karena harganya yang terjangkau.

13/06/2017 | Bangka Induk

Seiring dengan pesatnya perkembangan wisata di Kepulauan Bangka Belitung membawa dampak pula terhadap perkembangan UMKM, salah satunya adalah usaha yang dilakukan Maryanto  pemilik  “Keripik Singkong RR” . Usaha  yang dijalani sejak tahun 2011 ini semakin menunjukan perkembangan yang menjanjikan.

13/06/2017 | Bangka Induk

Belum lengkap rasanya kalau ke Sungailiat  belum membeli oleh oleh empiyang S 122 A buatan Romaita warga Samratulanggi Gang perwira Sungailiat. Produk makanan yang menggunakan bahan baku dari ikan ini memiliki rasa yang enak, gurih dan memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi oleh anak – anak dan orang tua.

13/06/2017 | Bangka Tengah

Madu adalah jenis minuman yang sangat banyak manfaatnya bagi tubuh. Selain jenis madu manis dan pahit yang terdapat di provinsi bangka belitung juga terdapat jenis madu kelulut yang berasal dari binatang yang sangat kecil seperti semut yang bernama Trigona utama. Madu ini rasanya tidak dominan manis tapi lebih seperti asam manis.

13/06/2017 | Bangka Tengah

Berawal dari niat untuk membantu meingkatkan pendapatan keluarga membuat ibu Aryani mencoba untuk membuat makanan khas daerah yang sangat di gemari oleh masyarakat yaitu getas. Dengan modal Rp.100,000 pada tahun 2013 usaha ini berkembang dan mampu menarik minat pembeli. Awal produksi hanya 3 kg meningkat menjadi 60 kg untuk satu kali produksi.

13/06/2017 | Bangka Tengah

Ampiang adalah makanan olahan ikan yang sangat di gemari oleh kalangan masyarakat. Rasanya yang renyah dan gurih mnjadikan ampiang sebagai salah satu oleh-oleh yang khas dari kepulauan bangka belitung. Selain itu tingginya harga jual serta minat masyarakat akan makanan ini membuat makanan ini selalu di cari. Peluang ini juga di lihat oleh salah satu pelaku UMKM yaitu ibu Nuristin utuk membuat ampiang.

13/06/2017 | Bangka Tengah

Rusip dan kemplang ikan adalah makanan khas dari provinsi kepulauan bangka belitung. Makanan yang merupakan turunan dari olaahan ikan ini sangat digemari oleh semua kalangan masyarakat,khususnya  masyarakat kepualauan bangka belitung dari orang tua sampai anak-anak. Makanan yang tergolong dalam jenis sambal dan pelengkap ini sangat coocok di makan dengan nasi atau pengganti lauk makan.

13/06/2017 | Bangka Induk

“Tiga Putra” adalah nama merek usaha yang bergerak di bidang hasil olahan unggas kering yaitu telur asin. Nama “Tiga Putra” diambil dari jumlah anak saya sebanyak 3 orang. Namun nama “Tiga Putra” tersebut belum mendaftar sebagai HAKI merek mengingat masih banyak proses yang harus dilalui.

Sekilas mengenal cerita usaha dari seorang peternak bebek dan usaha produksi telur asin. Mengapa saya tertarik dengan beternak bebek dan produksi telur asin.

13/06/2017 | Bangka Induk

Dilihat dari segi ekonomi individual tentu saja masalah pengangguran itu sangat perlu diperhatikan karena setiap orang mempunyai kebutuhan yang tidak terbatas. Oleh sebab itu kita dituntut mampu berpikir kreatif dan inovatif sehingga nantinya dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru yang berbasis ekonomi kreatif masyarakat. Usaha ini sebenarnya telah dimulai pada tahun 2012 namun untuk legalitas usaha baru dilakukan pada tahun 2014.

13/06/2017 | Bangka Induk

Perusahaan Keripik Nyamen ini sudah berdiri pada tahun 2015 dan bergerak pada bidang industri olahan pangan yang mempunyai dua bahan baku utama yaitu Singkong dan Pisang. Usaha ini berawal dari hobi mengkonsumsi olahan keripik, kemudian pemilik mencoba untuk berkreasi untuk membuat keripik singkong. Pada awalnya dalam pembuatan keripik singkong banyak sekali kegagalan dalam memproduksinya, seperti keripiknya keras, berminyak, tidak garing, dan lain-lain sebagainya.

12/06/2017 | Belitung

Sebagai daerah yang dikelilingi oleh laut, Pulau Belitung memiliki kekayaan alam yang yang tak ternilai harganya seperti ikan, cumi, udang dan lain – lain. Hasil laut tersebut selain dijual dalam bentuk mentah juga diolah menjadii makanan yang bernilai ekonomis seperti kricu, keretek, pilus, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

12/06/2017 | Bangka Tengah

Getas dan Kricu merupakan salah satu makanan khas Bangka Belitung yang bahan bakunya berasal dari ikan dan cumi. Rasanya  gurih dan memiliki nilai gizi yang sangat tinggi sehingga  baik untuk dikonsumsi baik oleh anak – anak maupun orang tua.

12/06/2017 | Bangka Induk

Salah satu kuliner khas Bangka Belitung yang mulai digemari masyarakat baik yang berasal dari dalam daerah maupun luar daerah adalah sirup Nanas. Selain rasanya yang segar, sirup nanas sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh terutama untuk mengobati penyakit kolesterol dan mengurangi berat badan.

12/06/2017 | Bangka Induk

Salah satu penganan sehat yang dapat dinikmati oleh semua kalangan adalah krispy ketan. Rasanya  gurih dan memiliki nilai gizi yang sangat tinggi sehingga  baik untuk dikonsumsi baik oleh anak – anak maupun orang tua.

12/06/2017 | Bangka Tengah

Berawal utuk membantu perekonomian keluarga ibu sunai mencoba membuat keripik pisang untuk di jual ke kerabat dan keluarga terdekat. Dengan membuat keripik pisang bercitarasa manis dan asin ibu sunai mencoba memproduksi keripik pisang untuk di jual dan dititipkan ke toko oleh-oleh di sekitaran kota Pangkal Pinang.

10/06/2017 | Pangkalpinang

Dengan memanfaatkan bahan yang mudah tersedia nyimas deasy memulai usaha bros dari untuk di pakai sendiri akhirnya di pasarkan ke teman dan kerabat. Usaha bross ini berawal dari kegemaran belanja bros lama kelamaan menjadi peluang usaha. Bros Digunakan untuk wanita yang kebanyakan berhijab,dengan varian model dari yang kecil hingga besar.

10/06/2017 | Bangka Tengah

Sejak tahun 2001 Yurhayati memproduksi kue Angka 8, selain untuk membantu ekonomi keluarga kue angka 8 juga di produksi dan dijual berdasarkan pesanan keluarga dan kerabat.

Selain membuat kue angka 8 Yurhayati juga membuat kue semprong, peyek dan pastel, tetapi ini di buat pada saat momen tertentu seperti hari raya idul fitri dan berdasarkan pesanan pembeli.

10/06/2017 | Bangka Tengah

Bintang Rofika memproduksi olahan hasil laut berupa produk Kemplang ikan Ciu. Usaha ini di mulai dari tahun 2015 sampai sekarang dan telah memperbanyak produksi dengan seiring berjalannya waktu.

Kemplang ikan ciu berbahan dasar ikan ciu dan sagu pada umumnya sama dengan produk kemplang lainnya yang terdapat di Bangka Belitung. Ibu Rofika Memproduksi Kemplang ikan ciu ini seminggu sebanyak 3 kali.

10/06/2017 | Bangka Induk

Dengan memanfaatkan berlimpahnya hasil laut yang ada di propinsi Kepulauan bangka Belitung terutama di daerah Sungailiat, pada tahun 2013 Ibu Siti Maemunah Memulai Usaha Olahan hasil laut yang di beri nama FEGOJES. Fegojes sendiri di ambil nama dari ketiga anaknya.

Adapun olahan hasil laut ini di kembangkan menjadi tiga produk,yaitu: Ampiang, Dendeng ikan dan abon Ikan dengan bahan ikan ciu yang mudah di dapat di pasar.

10/06/2017 | Pangkalpinang

Berawal dari hobi rajutan ibu Karmila banyak diminati teman, kerabat dan keluarga. Akhirnya pada tahun 2009 memberanikan diri menjuala rajutan ke beberapa teman dan keluarga. Semula rajutan ini hanya berwarna putih saja dikarenakan susahnya mendapat bahan benang yang berwarna sekarang rajutan ini memiliki pilihan warna berdasarkan pesanan.

10/06/2017 | Pangkalpinang

Sejak tahun 2012 Ibu Asmiyati mengeluti kerajinan Akrilik, berawal membuat untuk diri sendiri kemudian kerajinan ini memiliki peluang yang sangat bagus dan sangat diminati masyarakat luas. Bahan - bahan juga mudah di dapat, karena sudah banyak toko yang menjual.

09/06/2017 | Pangkalpinang

Rusip itu sendiri berasal dari ikan laut  dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini sangat dekat dengan laut. Oleh karena itu terpikir oleh Asri untuk memanfaatkan hasil laut ini menjadi suatu olahan dari ikan kecil-kecil lalu di fermentasikan maka jadilah Rusip itu sendiri.

09/06/2017 | Bangka Tengah

Dengan memanfaatkan hasil kekayaan alam yang berlimpah khususnya hasil laut di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dalam hal ini dimanfaatkan oleh Yuniarti untuk mengolah ikan ciu sebagai bahan baku utama untuk di buat Lempiang. Lempiang sendiri berasal dari kata lempi yang berarti pipih atau dalam Bahasa Bangka berarti Menipek.Lempiang itu juga pada dasarnya sama dengan ampiang hanya sedikit perubahan nama agar mudah di kenal.

09/06/2017 | Bangka Barat

Masa modern seperti saat ini kita mesti mempunyai inovasi dan terobosan baru dalam hal usaha kerajinan. Apalagi seperti saya sekarang mulai berdirinya usaha kerajinan tempurung kelapa tahun 2008 sampai denga sekarang. Saya melihat masalah yang khususnya ada di bangka barat  mulai dari masalah kemiskinan, pendidikan, keamanan atau juga masalah pengangguran. Oleh karena kami membuat kerajinan dengan memanfaatkan dari bahan limbah batok kelapa yang untuk segabian orang tidak di gunakan.

09/06/2017 | Pangkalpinang

Asty Rajutan berawal dari hobi sejak kecil yangmana menyukai kerajinan, terutama rajutan. Dunia benang menjadi fokus sambilan untuk menghasilkan uang. Benang menjadi dunia imajinasi dalam berkreasi. Kemampuan merajut di dapat secara otodidak dan dari buku hingga internet.

09/06/2017 | Pangkalpinang

Ampiang salah satu makanan khas Pulau Bangka yang berbahan dasar ikan. Kerupuk yang berbahan dasar ikan ini mengandung sangat banyak gizi serta protein. Produk yang satu ini oleh masyarakat Pulau Bangka dijadikan makanan favorit karena rasanya yang gurih dan renyah baik sebagai lauk pauk maupun sebagai makanan ringan.

09/06/2017 | Bangka Tengah

Kurau merupakan salah satu daerah pesisir yang kaya akan hasil laut seperti ikan, udang dan cumi sehingga tak heran jika perekonomian masyarakat sangat tergantung pada hasil tangkapan nelayan tersebut. Salah satunya adalah Siti Fatimah yang merintis usaha membuat olahan makanan  dari bahan baku  ikan dan cumi  seperti getas, kerupuk, stik udang dan cumi serta variasi kerupuk ikan dan tahu.

09/06/2017 | Bangka Tengah

 

Belum lengkap rasanya kalau ke Kurau tidak mencicipi lezatnya olahan makanan Bu Dadi yang produknya  lebih dikenal dengan nama “ Gurih DEDE”. Berbagai macam variasi produk telah kembangkan guna memanjakan selera penggemarnya seperti getas ikan, kripik udang, kripik tinta cumi dan lain sebagainya.

09/06/2017 | Bangka Tengah

Seiring dengan pesatnya perkembangan wisata di Kepulauan Bangka Belitung membawa dampak pula terhadap perkembangan UMKM, salah satunya adalah usaha yang dilakukan Soleha pemilik  “Ewaki Snack” . Berbagai macam produk yang dihasilkannya seperti  getas, Kempang Cumi dan Stik Udang.

05/06/2017 | Bangka Tengah

Nurwani tidak pernah membayangkan kalau usaha pembuatan stik udang yang drintisnya sejak tahun 2014 mampu meraup omset ratusan juta rupiah. Berawal dari niatnya ingin membantu ekonomi keluarga dan mengembangkan hobinya dalam membuat penganan yang dapat dinikmati keluarga, akhirnya menghantar Nurwani menjadi pelaku usaha yang cukup diperhitungkan di Kabupaten Bangka Tengah.

05/06/2017 | Bangka Barat

Akar Bahan Banyak terdapat di Propinsi Kepulauan bangka Belitung terutama di daerah pesisir pantai.Dengan memanfaatkan yang sebagian orang mungkin sampah kini telah menjadi salah satu ikon kerajinan tangan. Adapun kerajinan ini dibuat berbagi macam bentuk dan ukuran seperti : Gelang , Cincin dl.

26/05/2017 | Belitung Timur

Pulau Belitung merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia dan untuk menyokong pertumbuhan pariwisata tersebut, maka bermuncullah usaha kecil yang kehadirannya sangat dibutuhkan terutama dari penjualan oleh – oleh  yang akan dibawa pulang oleh para wisatawan, salah satunya adalah kerajinan Batik khas Pulau Belitung.

26/05/2017 | Belitung

Selain kain cual, Bangka Belitung juga memiliki Batik Tulis Khas Daerah  yang terdiri dari berbagai motif seperti nanas pantai, bunga ketuyut ataupun tudung saji. Salah satu inisiator kerajinan batik tersebut adalah D’Mahendrawan Djusman yang sebelumnya berprofesi sebagai tenaga medis disalah satu rumah sakit ternama di Surabaya.

26/05/2017 | Pangkalpinang

Getas merupakan salah satu makanan khas Bangka Belitung yang bahan bakunya berasal dari ikan. Rasanya  enak dan memiliki nilai gizi yang sangat tinggi sehingga  baik untuk dikonsumsi oleh anak – anak maupun orang tua.

26/05/2017 | Pangkalpinang

Salah satu kuliner khas Bangka Belitung yang mulai digemari masyarakat baik yang berasal dari dalam daerah maupun luar daerah adalah sirup jeruk kunci. Selain rasanya yang segar, jeruk kunci juga sangat bermanfaatuntuk kesehatan tubuh terutama mengobati penyakit kolesterol dan menurunkan berat badan.

26/05/2017 | Pangkalpinang

Salah satu berkah yang dianugrahkan kepada pulau Belitung adalah kekayaan alam berupa Batu Satam yang diyakini memiliki kekuatan mistik dan biasanya digunakan sebagai perhiasan dengan nilai jual yang tinggi. Batu Satam memiliki warna hitam pekat, mengkilat dan licin dan seringkali dijadikan batu cincin, liontin, tongkat komando dan lain – lain.

26/05/2017 | Pangkalpinang

Berawal dari kegemaran merajut aksesoris rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan pribadi,  tak disangka ternyata hasil kerajinan  tersebut  diminati juga  oleh masyarakat setempat hingga ke  manca negara seperti Cina. Tanpa terasa usaha kerajinan yang  dijalani selama 20 tahun mampu meraup omset ratusan juat rupiah pertahunnya dan dari usahanya tersebut dapat memberdayakan  lebih dari 75 kaum perempuan  di lingkungannya.

26/05/2017 | Pangkalpinang

Berawal dari kegemaran mengumpulkan kerang dan menuangkan kreatifitasnya  menjadi berbagai macam souvener seperti bros dan hiasan dinding, tanpa sengaja akhirnya menjadi sumber mata pencaharian bagi Kharisma  dan keluarganya.

18/05/2017 | Bangka Selatan

Salah satu makanan khas Bangka Belitung adalah roti papan dan roti selai Nanas yang biasanya dinikmati pada saat istirahat di sore hari. Sampai saat ini tradisi tersebut masih berlanjut sehingga menginspirasi  Suzana untuk memulai bisnis kuliner roti papan dan roti selai Nanas.

18/05/2017 | Bangka Selatan

Kepulauan Bangka Belitung memiliki kekayaan laut yang tak ternilai harganya seperti ikan, cumi, udang dan biota laut lainnya.Hasil tangkapan nelayan tersebut, selain dijual dalam bentuk mentah juga diolah sebagai camilan seperti kemplang,kerupuk, kricu maupun getasan.

18/05/2017 | Bangka Selatan

Salah satu tradisi masyarakat Bangka Belitung adalah menikmati camilan Kue Roti Papan yang  mendorong tumbuhnya industri rumah tangga pembuatan kue roti papan. Salah satu pelaku usaha tersebut adalah Huntri Anike warga jalan Raya Gadung Kecamatan Toboali.

18/05/2017 | Bangka Selatan

Sejak Tahun 2008 Darmila sudah menggeluti usaha roti papan  dan selai nanas, selain karena faktor ekonomi juga keinginan untuk  melestarikan  tradisi nenek moyang  yang dahulu sangat mengemari roti papan dan roti selai. Walaupun di Kabupaten Bangka Selatan terdapat berbagai macam roti,, namun roti papan dan roti selai buatan Darmila tetap digemari oleh masyarakat setempat bahkan konsumen yang berasal dari daerah lainnya.

18/05/2017 | Bangka Selatan

Berbagai macam produk olahan ikan kini semakin digemari oleh masyarakat baik yang berasal dari dalam daerah maupun luar daerah. Salah satunya adalah Empiyang buatan Haslinda Arani warga Jl. Agus salim Dalam Kecamatan Toboali. Berawal dari keinginan untuk membantu suami mencari nafkah dengan memanfaatkan keahliannya  membuat empiyang, akhirnya pada Tahun 2008 Haslinda mencoba menawarkan hasil buatannya kepada tetangga dilingkungan tempat tinggalnya.

18/05/2017 | Bangka Selatan

Kabupaten Bangka Selatan selain dikenal sebagai pusat penghasil terasi juga sebagai penghasil buah nanas. Nanas yang berlimpah tersebut dimanfaatkan oleh Linda Natalia warga Jl. Jendral Sudirman sebagai salah satu bahan kue roti papan  yang merupakan makanan khas masyarakat di Pulau Bangka.

18/05/2017 | Bangka Selatan

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selain dikenal sebagai penghasil timah terbesar di dunia juga merupakan penghasil lada dengan  kualitas terbaik di seluruh dunia. Julukan  ”Muntok White Pipper” merupakan bukti betapa besarnya konstribusi sektor tersebut terhadap perekonomian Bangka Belitung.

18/05/2017 | Bangka Selatan

Sejak dahulu Bangka Selatan dikenal sebagai  penghasil terasi terbaik di pulau Bangka.  Terasi adalah produk makanan yang terbuat dari udang rebon yang kemudian diolah dan digunakan untuk bumbu penyedap makanan. Dengan letak wilayah yang berdekatan dengan laut maka industri rumaha tangga pembuatan terasi sangat mungkin untuk dikembangkan menjadi potensi unggulan Kabupaten Bangka Selatan.

18/05/2017 | Bangka Selatan

Kabupaten Toboali dikenal sebagai daaerah penghasil ikan tentunya memberikan peluang bagi tumbuhnya berbagai usaharumah tanggaseperti getasan, kerupuk, kemplang maupun kricu. Salahsatu pelaku usaha tersebut adalah IKM RIZKY SAHIR yang beralamat di Jalan Sederhana Toboali.

17/05/2017 | Bangka Selatan

Kepulauan Bangka Belitung memiliki hasil hutan yang sangat berlimpah diantaranya sebagai penghasil madu.Salah satuMadu yang paling diminati adalah Madu Pelawan yang bersumber dari madu liar (APIS DORSATA) yang menghisap dari sari bunga pohon pelawan (CYANOMETRA CAULIFLORA). Pelawan merupakan pohon langka dan tidak akan ditemukan di pulauJawa.

17/05/2017 | Belitung

Salah satu tradisi masyarakat Bangka Belitung pada saat istirahat di sore hari adalah menikmati camilan Kue Rintak yang kini mulai digemari  oleh para wisatawan, khususnya  untuk dijadikan oleh – oleh bagi keluarga tercinta. Salah satu pelaku usaha kuliner tersebut adalah Suhana.

17/05/2017 | Belitung

Salah satu anugrah yang diberikan kepada Kabupaten Belitung adalah memiliki pantai yang indah sehingga mendorong para wisatawan untuk berkunjung kesana. Tentunya untuk menopang perkembangan pariwisata tersebut perlu didukung oleh keberadaan usaha mikro dan kecil yang menjual berbagai macam souvener dan wisata kuliner.

17/05/2017 | Belitung

Pulau Belitung sebagai daerah destinasi wisata kaya akan hasil laut dan alamnya memberikan inspirasi kepada Joko Handoyo untuk menciptakan produk yang dapat dijual sebagai cinderamata. “JalanLintang Workshop” adalah usaha yang didirikan oleh Joko Handoyo sejak tahun 2011 dan memproduksi Batu akik, Kerajinan Kayu & Wall Painting.

17/05/2017 | Belitung

Siapa sangka kain bekas yang tak berguna bisa menjadi bisnis yang menggiurkan, tetapi ditangan Wiji Rahayu kain tersebut bisa mendatangkan berkah bagi keluarga dan tetangga disekitarnya. Berawal dari kegemarannya membuat berbagai macam aksesoris Kabupaten Belitungdijadikan destinasi wisata yang sangat menjanjikan bagi perkembangan usahanya.

17/05/2017 | Belitung

Tidak pernah terbayangkan oleh Nurlela kalau kemampuannya membuat penganan bergizi untuk keluarga tercinta bisa menghasilkan pendapatan yang menggiurkan.  Berawal dari modal 500 ribu rupiah, Nurlela memberanikan diri untuk menjual kerupuk ikan dan cumi di  warung dekat pasar Tanjung Pandan. Usaha yang dirintis sejak tahun 2008 tersebut ternyata sangat digemari bukan hanya oleh penduduk setempat tetapi juga oleh wisatawan yang berkunjung ke Pulau Belitung.

17/05/2017 | Belitung

Seiring dengan boomingnya film Laskar Pelangi membawa pengaruh positif terhadap perkembangan pariwisata di Pulau Belitung. Kondisi ini memberikan peluang bagi tumbuhnya usaha kecil seperti usaha kerajinan tangan maupun kuliner yang biasanya  dijadikan oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

Searching

Terpopuler

Pangkalpinang
Bangka Tengah
Bangka Selatan
Bangka Selatan

Terbaru

Bangka Barat
Pangkalpinang
Pangkalpinang
Pangkalpinang
Bangka Barat
Pangkalpinang
Bangka Barat
Pangkalpinang
Pangkalpinang