Berita

186 Pelaku UMKM Terima Bantuan Alat Produksi

Sungailiat - Sebanyak 186 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menerima bantuan alat produksi dari Pemerintah Provinsi melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Dinas Koperasi dan UKM Babel).
 
Ratusan pelaku UMKM yang menerima bantuan ini dari Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Bangka Barat dan Belitung Timur.
 
Alat bantuan yang berasal dari Dana Insentif Daerah (DID) itu diserahkan serentak di 5 Kab dan secara simbolis diberikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA didampingi Pj Ketua TP PKK Babel, Pj Bupati Bangka, Sekda Kab Bangka, Plt Kadis Koperasi dan UKM Prov Kep Babel di Kantor Bupati Bangka, Rabu (27/12/23).
 
Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA mengatakan penyerahan bantuan alat produksi ini dalam rangka akselerasi UMKM naik kelas melalui peningkatan kapasitas produksi dan kualitas serta untuk menaikkelaskan skala usahanya. 
 
Bantuan peralatan penunjang produksi ini diserahkan untuk 186 pelaku UMKM yang ada di lima kabupaten se-Babel. Bantuan alat berupa alat memasak, alat elektronik, ada freezer, kulkas, oven, seperangkat printer dan peralatan produksi lainnya.
 
"Adanya bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas usaha para pelaku UMKM dalam menjaga kualitas produk usahanya," ujarnya.
 
Pj Gubernur Safrizal ZA juga berharap adanya bantuan ini para pelaku UMKM dapat menggunakan peralatan secara bijak dan penuh tanggungjawab sehingga usahanya dapat naik kelas dan mendorong peningkatan ekonomi keluarga dan masyarakat.
 
"UMKM adalah penopang utama ekonomi kita. Jadi bantuan ini stimulan bagi para pelaku UMKM agar mereka dapat tumbuh dan berkembang," katanya.
 
Sebelumnya, Plt. Kepala Dinas KUKM Babel, Riza Aryani mengatakan bantuan peralatan penunjang produksi ini bersumber dari APBD Dinas Koperasi Babel dan Dana Insentif Daerah (DID) Babel dengan total anggaran lebih dari Rp 4 miliar. Bantuan alat produksi ini diberikan untuk pelaku UMKM di 5 Kab, kecuali Kab Belitung dan Kota Pangkalpinang. Karena Kedua daerah tersebut sudah menerima DID sendiri.
 
"Melalui program pengembangan dan pemberdayaan UMKM, kita memberikan 186 alat bantuan pendukung produksi untuk 5 kabupaten yang ada di Babel, kecuali Kab Belitung dan Kota Pangkalpinang. Bantuan berasal dari dana APBD Dinas KUKM dan DID Pemprov Babel," kata Riza Aryani.
 
Dari kabupaten Bangka yang mendapat bantuan alat produksi ada 33 UMKM, Bangka selatan 49 UMKM, Bangka barat 44 UMKM, Bangka tengah 29 UMKM dan Belitung timur ada 30 UMKM.
 
Sementara untuk sertifikasi halal, pada kegiatan kali ini diserahkan sebanyak 216 sertifikat halal kepada pelaku UMKM di Kab Bangka, Kab Bangka Tengah, Kab Bangka Barat, Kab Bangka Selatan, Kab Belitung dan Kab Belitung Timur.
 
"Selain itu, pada kegiatan ini juga diserahkan sertifikat HAKI kepada 13 pelaku UMKM dan 1.023 NIB kepada pelaku UMKM," pungkasnya.
Sumber: 
DKUKM
Penulis: 
an
Editor: 
anto
Bidang Informasi: 
KUKM