Berita

Babel Provinsi Pertama Sosialisasikan Kompetisi Foto Cerita Wastra Tahun 2021

Pangkalpinang - Asdep Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kemenkop UKM Christina Agustin memberikan pujian kepada Provinsi Kep Bangka Belitung yang merespon begitu cepat acara program cerita wastra yang dilaunching tanggal 20 Maret kemaren. Babel juga memiliki komitmen membangun wastra Indonesia Tenun cual.
 
"Babel memiliki komitmen yang kuat dalam membangun wastra Indonesia. Babel jadi provinsi pertama yang melakukan sosialisasi cerita wastra di tingkat provinsi," pujinya saat memberikan arahan pada sosialisasi cerita wastra secara virtual, Selasa (23/03).
 
Ia menjelaskan bahwa cerita wastra merupakan kegiatan dalam rangka memperkenalkan wastra (kain tradisional) yang sarat akan makna budaya nusantara, dalam bentuk kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional. 
 
Christina mengajak seluruh elemen pemerintah daerah dan Dekranasda dari seluruh provinsi untuk bergerak bersama dalam program Cerita Wastra 2021 dengan harapan dapat memberi dampak positif bagi pengrajin Wastra tradisional dan berpartisipasi dalam upaya melestarikan budaya nusantara.
 
"Cerita Wastra 2021 hadirkan dengan semangat yang sama mempopulerkan Wastra Indonesia menjadi bagian dari busana keseharian untuk semua umur dan kalangan. Harapannya dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat cerita tentang Wastra budaya lokal yang dimiliki masing-masing daerah," ajaknya.
 
Ditambahkannya, Cerita wastra ini bertujuan untuk mempopulerkan kembali wastra menjadi bagian dari busana keseharian khususnya untuk generasi muda dan meningkatkan kecintaan mengenai wastra daerah masing-masing.
 
"Mempromosikan UMKM pengrajin wastra dan produk lokal. Kita juga ingin meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM khususnya dalam kerajinan kain dan tenun" tambahnya.
 
Sementara Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Kep Bangka Belitung mengatakan bahwa dengan diadakan sosisaliasi ini, para pelaku usaha terkait dengan kain bisa ikut berpartisipasi dan ikut menceritkan tentang kekayaan budaya dari kain khas yang ada di Babel.
 
"Lewat cerita wastra, kita bisa mengenalkan prodok kain dari daerah khususnya dan Indonesia pada umumnya sehingga kain tersebut bisa dikenal dan dikenakan semua umur khususnya para generasi muda," katanya.
 
Hj Elfiyena menjelaskan bahwa pada kompetisi foto dalam cerita wastra, para peserta wajib mengupload/mengunggah foto menggunakan kain tradisional khususnya cual atau batik khas Babel di sosial media.
 
"Peserta wajib mengunggah foto di sosial media dan membuat ceritanya atau caption dibawah foto yang diunggah. Untuk jumlah fotonya tidak dibatasi," jelasnya.
 
Ditambahkannya, foto yang diunggah juga wajib memention, follow, dan tag akun @KemenKopUKM @Dekranasdababel dan akun pengrajin kainnya. Para peserta juga wajib menambahkan hastag #ceritawastra, #wastrabangkabelitung, #kemenkopukm, #dekranasdababel.
 
"Jangan lupa memention, me-follow dan menambahkan hastag-hastag tersebut ya," tambahnya.
 
Terkait batas waktu pengiriman foto, Kadis KUKM menyebutkan batas waktu pengunggahan foto dari tanggal 24 Maret hingga 7 April. Tanggal 8 April hingga 11 akan dilakukan penjurian.
 
"Periode pengunggahan foto yakni dari tanggal 24 Maret - 7 April 2021. Yuk tunggu apa lagi. Siapkan foto dan Unggah foto kreasimu di sosial media mu," pungkasnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM