Berita

Dinas KUKM Fasilitasi Akses Pembiayaan Bagi Koperasi

Pangkalan Baru - Dinas Koperasi dan UKM Prov Kep Babel menyelenggarakan acara Fasilitasi Akses Pembiayaan Bagi Koperasi di Hotel Santika Bangka, Jumat (09/03/21). Acara ini mengahadirkan narasumber dari LPDB KUMKM, Bank BRI, Bank SumselBabel, dan PT Jamkrida Babel dan diikuti tenaga pembina Kab/Kota, PPKL serta pengurus koperasi di Babel.
 
Satria Satriawan Kepala Subdivisi Bisnis II.1 LPDB KUMKM mengatakan kinerja LPDB dari tahun 2008-2020 berhasil menyalurkan dana kepada 208.672 penerima dengan total mencapai 12,33 T. Di Babel dari 2008-2020, terdapat 21 mitra dengan total nilai mencapai 28,565 M.
 
"Babel hingga 2020 baru terdapat 21 mitra yang menerima dana bergulir LPDB. Sementara untuk tahun kemaren tidak ada yang menerima dan diharapkan pada tahun 2021 ada koperasi yang menerima dana LPDB KUMKM," katanya.
 
Ia menambahkan bahwa koperasi bisa mengajukan secara online lewat eproposal yang ada diweb. Proposal dan persyaratan dikirim untuk diverifikasi apakah memenuhi syarat yang telah ditentukan. Untuk program PEN, koperasi harus menunjukan dampak dari pandemi Covid-19 terhadap koperasi.
 
Syarat-syarat bagi koperasi yang ingin mengajukan dana LPDB KUMKM yakni harus berbadan hukum, memiliki NIK, usaha produktif, status kantor jelas dan pengembalian kategori lancar.
 
"Koperasi Wajib RAT, memiliki NIK. pelaksanaan RAT yang telah dilakukan koperasi, wajib dilaporkan ke kemenkop agar grade koperasi bisa naik. Selain itu koperasi juga wajib memiliki tingkat NPL dibawah 10 persen," ujar dihadapan pengurus koperasi.
 
Lewat kegiatan ini, Satria mengharapkan PPKL mampu berperan untuk membantu koperasi dalam mengajukan proposal kepada LPDB KUMKM. Peran PPKL ini sejalan dengan strategi LPDB KUMKM guna memaksimalkan penyaluran dana bergulir pada program PEN.
 
"Kita harap LPDB KUMKM dapat bekerjasama dengan para PPKL dilapangan dalam memberikan pendampingan kepada calon mitra agar koperasi di Babel dapat memanfaatkan dana bergulir yang ada di LPDB," harapnya.
 
Direktur PT Jamkrida Babel, Syainuddin Lukman  mengatakan bahwa PT Jamkrida Babel memiliki peran untuk menggantikan fungsi anggunan kredit dan meningkatkan akses kepada pembiayaan. Selain itu, pihaknya juga memiliki peran meningkatkan fungsi intermediasi lembaga keuangan 
 
"PT Jamkrida Babel bisa menurunkan resiko kredit. Semua harus sesuai dengan prosedur yang ada. Jamkrida juga menjadi lembaga yang mendukung pelaksanaan kebijakan pemerintah," katanya.
 
Melalui kegiatan ini, diharapkan koperasi dapat mengambil dan memanfaatkan dana yang ada di LPDB maupun di perbankan. 
 
"Koperasi dan UMKM bisa memanfaatkan akse pembiayaan dan kita siap berikan penjaminan pinjaman bagi koperasi dengan syarat yang telah diatur," ujarnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM