Berita

Dinas KUKM Gelar Pelatihan Pengolahan Damar Batu

Pangkalpinang - Sebanyak 34 pelaku UMKM mengikuti Pelatihan keterampilan usaha produktif pengelolaan damar batu di Hotel Sun Pangkalpinang, Selasa (23/03/21). Pelatihan ini dibuka Kepala UPTD Balatkop UMKM Dinas Koperasi dan UKM Prov Kep  Babel Fitri Dwiyanti dan akan berlangsung selama empat hari hingga tanggal 26 Maret 2021.
 
Kepala UPTD Balatkop UMKM Dinas Koperasi dan UKM Prov Kep  Babel Fitri Dwiyanti mengatakan bahwa pemerintah Provinsi Kep Bangka Belitung terus berkomitmen memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM sehingga dapat meningkatkan keterampilan SDM KUMKM. Selain itu, melalui pelatihan pelaku UMKM dapat terus berkarya menghasilkan produk yang berkualitas dan bernilai ekonomi.
 
"Lewat pelatihan pengelolaan damar batu, kita terus dorong peningkatan kualitas SDM koperasi dan UMKM sehingga mereka bisa terus berkarya dan menghasilkan produk yang berkualitas dan berorientasi ekspor," katanya di Hotel Sun Pangkalpinang.
 
Dalam pelatihan ini, pelaku UMKM diajarkan beberapa tahap proses damar yakni pengeringan, pembersihan, pemisahan grade, pengayakan, pengarungan, penimbanhan, penjahitan dan pelabelan serta pemuatan dalam container.
 
Ia menambahkan, pelatihan pengolahan damar batu diberikan mengingat potensi damar batu yang belum dikelola secara maksimal. Melalui pelatihan, pelaku UMKM bisa mengetahui cara pengolahan damar batu sesuai standar eksport.
 
"Pelaku akan memiliki pengetahuan mengelola damar batu yang sesuai standar ekspor. Yang belum tahu, lewat pelatihan ini akan menjadi tahu bagaimana cara yang baik mengelola damar batu," tambahnya.
 
Ia berharap, pelaku UMKM yang hadir dapat memaksimal pelatihan ini sehingga bisa menghasilkan damar batu yang berkualitas.
 
"Maksimalkan pelatihan ini, setelah itu implementasikan ilmu yang didapat dilapangan," harapnya.
 
Diinformasikan, bahwa Pelatihan pengolahan damar batu ini menerapkan protokol kesehatan. Setiap peserta wajib menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM