Berita

Kembangkan Gerakan Kewirausahaan Terpadu, Pemprov Babel Tandatangani PKS dengan OK Oce

Pangkalpinang - Pemerintah Provinsi Kep Bangka Belitung memiliki komitmen untuk mengembangkan kewirausahaan terpadu di masyarakat. Komitmen ini ditunjukan dengan dilakukannya penandatangan Perjanjian Kerjasama antara Perangkat Daeran (PD) dengan OK Oce di Ruang Tanjung Pendam, Kamis (18/03/21). Penandatanganan ini disaksikan oleh Sekda Provinsi Kep Babel, Naziarto. 
 
Sekretaris Daerah Provinsi Kep Bangka Belitung, Naziarto mengatakan bahwa PKS dengan Ok Oce menjadi barometer utama bagi Pemprov untuk melaksanakan langkah-langkah kedepan dalam meningkatkan gerakan dan semangat kewirausahaan bagi masyarakat di Babel. Selain itu, PKS ini bisa meningkatkan sinergi dan kontribusi PD sehingga tercipta kolaborasi demi kemajuan kewirausahaan.
 
"Perjanjian kerjasama ini jadi barometer untuk mengembangkan gerakan kewirausahaan terpadu di Provinsi Kep Babel sehingg bisa menjadi support bagi masyarakat yang berwirausaha untuk melakukan usahanya di lingkungannya," katanya saat memberikan arahan pada acara penandatangan PKS dengan Ok Oce, Kamis (18/03/21).
 
Ia menambahkan, dengan adanya PKS, PD dapat memberikan support kepada masyarakat sesuai dengan tupoksinya guna menggerakan masyarakat dalam berwirausaha. PD menjadi leading sector sesuai dengan fungsinya sehingga masyarakat bisa mandiri.
 
"Support dari PD sangat penting. Dengan adanya PKS ini, setidak-tidak masyarakat  mengerti cara berusaha secara digital. Kedepan masyarakat diharapkan lebih mandiri  dan memicu diri untuk menggerakan usaha dilingkungannya sesuai dengan skill yang dimilikinya," tambahnya.
 
Selain itu, diharapkan dengan adanya perjanjian ini bisa menjadi motivator bagi masyarakat Babel untuk mengembangkan usahanya ke arah digital atau bertransformasi digital.
 
"Masyarakat bisa menjadi tahu dan paham  pangsa pasar modern sehingga bisa memasarkan produknya secara digital dan melalui Ok Oce. Ok Oce bisa membantu memasarkan produk masyarakat yang pada akhirnya akan tercipta supply dan demand," ujarnya.
 
Pada kesempatan itu, Naziarto juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada OK Oce atas PKS ini. PKS ini bisa mewujudkan keinginan Pemerintah Provinsi Kep Babel untuk bersinergi mengembangkan kewirausahaan di Babel.
 
"Kita ucapkan terima kasih. Melalui PKS ini, kita bersinergi dan berkolaborasi dalam meningkatkan kewirausahaan di Babel," ucapnya.
 
Ketua Umum Perkumpulan Gerakan Ok Oce, Iim Rusyamsi mengatakan, OK Oce sangat mengapresiasi PKS ini. Dengan adanya PKS ini menandakan Pemprov Kep Babel semangat dalam membangun gerakan  kewirausahaan di masyarakat.
 
Dia menjelaskan bahwa Ok Oce ini merupakan gerakan sosial penciptaan lapangan kerja  berbasis pelatihan dan pendampingan kewirausahaan bagi masyarakat.
 
"Ini gerakan sosial untuk membangun kewirausahaan di masyarakat. Masyarakat akan diberikan pelatihan dan pendampingan sehingga bisa memulai usaha dan pada akhirnya akan dapat memciptakan lapangan kerja bagi orang lain," jelasnya
 
Dalam pelaksanaan pendampingan, Ia menuturkan bahwa Oke Oce akan melibat empat komponen penting, yakni masyarakat, pemerintah, swasta/dunia pendidikan dan penggerak kewirausahaan.
 
"Empat komponen ini dilibatkan agar pengembangan kewirausahaan di Babel dapat semakin tumbuh dan berkembang," ujarnya.
 
Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kep Babel Hj Elfiyena mengatakan bahwa penandatanganan PKS merupakan tindak lanjut dari MoU Pemprov dengan OK Oce Nomor  510/05/KUKM/2021 tanggal 12 Maret 2021 lalu.
 
"Ini tindak lanjut dari MoU 12 Maret 2021 lalu. Hal ini sekaligus menegaskan bahwa pemprov berkomitmen untuk membangun gerakan kewirausahaan pada masyarakat di Babel" katanya.
 
Ia menambahkan bahwa dengan adanya PKS ini, maka pemerintah ingin membangun kewirausahaan terpadu yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mendayagunakan potensi ekonomi daerah.
 
"Pemprov melalui PKS pengembangan kewirausahaan terpadu ini ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menggali potensi ekonomi daerah dan mengurangi pengangguran," tambahnya.
 
Penandatanganan PKS ini dilaksanakan oleh beberapa PD. Hal ini dilakukan agar semua PD dapat bersinergi dan berkolaborasi mengembangkan potensi daerah.
 
"Semua PD saling bersinergi dan berkolaborasi untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan di Babel sehingga potensi ekonomi daerah dapat digerakan dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat," ujar Kadis KUKM Babel.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM