Berita

PPKL Berperan Wujudkan Koperasi Digital dan Modern di Babel

Pangkalanbaru - Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov Kep Babel membuka bimtek perkoperasian bagi Pembina dan PPKL se Prov Kep Babel di Hotel Santika, Selasa (6/4/21). Bimtek ini diiukuti seluruh pembina dan PPKL di Prov Kep Babel dihadiri Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi Arpandi, JFT Pengawas Koperasi Madya Suparman Effendi dan beberpa pejabat esselon IV Dinas KUKM Babel.
 
Bimtek ini untuk meningkatkan pemahaman tentang peraturan terbaru terkait perkoperasian dan meningkatkan keterampilan pembina dan PPKL dalam membina koperasi.
 
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov Kep Babel Hj Elfiyena mengatakan koperasi di Babel harus menjadi koperasi digital dan modern. Hal ini harus terus digaungkan dan diwujudkan melalui peran pembina dan PPKL yang semakin baik.
 
"Pembina dan PPKL harus membina koperasi hingga menjadi koperasi digital dan modern. Koperasi digital bisa memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan pelayanan kepada anggotanya," katanya.
 
Dalam membina koperasi, pemerintah dan PPKL harus berkolaborasi dengan stake holder yang ada. Koperasi bisa mengajak BUMN dengan memanfaatkan dana CSR guna membina koperasi dan anggotanya.
 
"Dalam membina, para pembina dan PPKL harus berkolaborasi dengan pihak lain seperti UMKM yang bisa memanfaatkan CSR," ujarnya.
 
PPKL juga diminta meningkatkan komunikasi tidak hanya dengan koperasi yang dibinanya. PPKL harus komunikasi dengan pihak lain.
 
"PPKL jangan menunggu. Harus aktif berkomunikasi dengan koperasi dan anggotanya sehingga terus bisa membina koperasi dengan memanfaatkan saluran komunikasi yang ada" pungkasnya.
Sumber: 
Humas DKUKM
Penulis: 
surianto
Fotografer: 
surianto
Bidang Informasi: 
KUKM