Berita

UMKM Diminta Jaga Kepuasan Pelanggan

Pangkalpinang - Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) diminta dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Karena Kepuasan pelanggan adalah indikator yang menunjukkan sejauh mana produk atau layanan yang diberikan oleh pelaku usaha telah memenuhi ekspektasi atau keinginan pelanggan.
 
"UMKM harus mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan agar usahanya bisa terus berkembang," kata Kepala UPTD Balatkop UMKM Dinas Koperasi dan UKM Prov Babel, Martinawati saat membuka Pelatihan Pengembangan usaha UMKM dengan Pendekatan Kepuasan Pelanggan di Granda Vela, Selasa (27/02/24).
 
Pelatihan ini diikuti 30 pelaku UMKM dan menghadirkan pemateri dari CIAS Corporate Innovation Asia. 
 
Martinawati mengatakan, pentingnya memberikan kepuasan kepada pelanggan khususnya bagi UMKM. Ada beberapa strategi untuk memuaskan pelanggan, diantaranya UMKM bisa melakukan riset kecil tentang analisis pelanggan, meningkatkan kualitas produk dan layanan, melakukan komunikasi yang efektif, responsif, memberikan layanan secara profesional dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan.
 
"Itu beberapa strategi yang bisa dilakukan. Kalau kita sudah menciptakan hubungan yang baik dan kuat, maka pelanggan akan sulit beralih kepada yang lain," ujar.
 
Selain itu, menjalin hubungan baik dengan pelanggan merupakan hal yang sangat penting dan tak bisa diabaikan, terutama bagi pelaku UMKM. Karena ini bisa membangun loyalitas bagi pelanggan.
 
"Hubungan yang kuat dengan pelanggan bukan hanya tentang transaksi satu kali, tetapi tentang membangun loyalitas jangka panjang yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis," sebutnya.
 
Ditambahkannya, dalam menjaga kepuasan pelanggan, pelaku UMKM harus mampu melakukan komunikasi yang efektif dan baik. Menciptakan komunikasi yang baik ini bisa dilakukan dengan memberikan respon yang cepat dan bersikap ramah kepada pelanggan.
 
"Terkadang sering kita temui bahwa penjual tidak ramah maka kita pun sungkan. Ini tak boleh dilakukan oleh UMKM. UMKM itu harus ramah, responsif dan terkadang juga perlu meminta masukan atau feedback dari pelanggan agar bisa terus maju dan berkembang," tambahnya.
 
Terkait pelaksana pelatihan ini, Ia berharap, UMKM dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik dan ilmu yang diperoleh dari pelatihan ini dapat diimplementasikan sehingga usahanya semakin berkembang.
Sumber: 
DKUKM
Penulis: 
an
Fotografer: 
an
Editor: 
anto
Bidang Informasi: 
KUKM